This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lu’aelah, Nabilatul (2023) Pengaruh pendampingan orang tua terhadap semangat belajar di rumah bagi anak kelompok (A) RA Perwanida V Sukobendu Mantup Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nabilatul Lu'aelah_D08216017.pdf Download (2MB) |
Abstract
Orang tua memiliki peran penting dalam segala hal, terlebih dalam hal kegiatan belajar. Anak yang mendapatkan bimbingan atau perhatian orang tua akan lebih giat dalam belajarnya. Pentingnya pendampingan orang tua saat anaknya belajar dapat meningkatkan hubungan harmonis antar orang tua dan anak. Selain itu peran orang tua juga penting dalam pembelajaran yakni sebagai guru dalam menjelaskan materi pembelajaran, khususnya pada jenjang anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendampingan orang tua terhadap semangat belajar anak. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kuantitatif expostfacto, dengan jumlah populasi 57 dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pendampingan orang tua anak kelompok A RA Perwanida V Mantup Lamongan sebagaimana hasil data deskriptif statistik dengan subjek yang berjumlah 57 siswa di peroleh nilai minimum pada variabel pendampingan orang tua sebesar 15, nilai maksimum 40 dengan mean 32,86 dan standard deviasi 7,444. Sedangkan pada variabel semangat belajar diperoleh nilai minimum 9, maksimum 28 dengan mean 18,84 dan standard deviasi sebesar 4,985. Semangat belajar anak kelompok A RA Perwanida V Mantup Lamongan sebagaimana hasil data yang diperoleh dari pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh hasil 0,554 dengan signifikansi 0,000 (p 0,05) yang memperlihatkan bahwa adanya hubungan signifikan antara pendampingan orang tua dengan semangat belajar. Pengaruh pendampingan orang tua terhadap semangat belajar anak kelompok A RA Perwanida V Mantup Lamongan sebagaimana hasil dari pengujian dengan menggunakan regresi linier sederhana untuk membuktikan hipotesis yang diajukan oleh peneliti menunjukkan hasil uji F sebesar 24,389 dan sig 0,000 (p 0,05) bahwa terdapat pengaruh pendampingan orag tua terhadap semangat belajar anak kelompok A RA Perwanida V Mantup Lamongan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Orang tua dan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Pendampingan orang tua; semangat belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Nabilatul Lu'aelah | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2023 06:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2023 06:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64550 |
Actions (login required)
View Item |