This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yaqin, Husnul (2023) Integrasi nilai-nilai moral naskah Al Malhudhat karya KH. Ahmad Asrori Al Ishaqy dalam Kurikulum Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Fithrah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Husnul Yaqin_02050821045 ok.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peran tokoh agama tidak akan pernah terlepas di dalam dunia pendidikan agama Islam Indonesia. Salah satu tokoh agama yang banyak terlibat dalam mendidik dan menuntun moralitas generasi muda ialah KH. Ahmad Asrori Al Ishaqy. Seperti lazimnya di kalangan para tokoh agama, Kiai Asrori memiliki konsep moralitas dituangkan dalam naskah al-Malhu>z{a>t. Naskah ini merupakan karya narasi Kiai Asrori yang mencakup pesan, ajaran, dan anjuran bukan hanya untuk bagi peserta didik Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah yang menuntut ilmu disana. Nilai-nilai dalam naskah tersebut tidak hanya dapat diamalkan bagi peserta didiknya saja, tetapi dapat diamalkan pula oleh semua peserta didik, dimanapun mereka menuntut ilmu. Fokus penelitian ini yaitu : (1) Apa saja nilai-nilai moral yang terkandung dalam naskah al-Malhu>z{a>t karya KH. Ahmad Asrori Al Ishaqy? (2) Bagaimana konsep kurikulum di STAI Al Fithrah Surabaya? (3) Bagaimana integrasi nilai-nilai moral naskah al-Malhu>z{a>t karya KH. Ahmad Asrori Al Ishaqy dalam kurikulum di STAI Al Fithrah Surabaya?. Penelitian ini dilakukan di STAI Al Fithrah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data mengguanakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) wawancara mendalam, (2) observasi, dan (3) studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada tujuh pesan penting berkenaan dengan moralitas yang terkandung dalam naskah al-Malhu>z{a>t. (2) Konsep kurikulum STAI Al Fithrah mengacu pada dawuh Kiai Asrori yang sudah menetapkan bahwas mata kuliah di STAI Al Fithrah ini bobot muatan mata kuliah agama sebesar 70 % dan untuk mata kuliah umum sebesar 30 %, serta didasarkan pada kebutuhan masyarakat lokal dan nasional serta tuntutan zaman yang selalu dinamis dan disertai perkembangan ilmu pengetahuan. (3) Upaya STAI Al Fithrah untuk mengintegrasikan nilai-nilai moral yang terkandung dalam naskah al-Malhu>z{a>t pada kurikulum, yaitu dengan cara mentransformasikan materi-materi pelajaran ke dalam muatan mata kuliah dengan pendekatan nilai-nilai moral
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Akhlak > Akhlak Mulia Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Nilai-nilai moral; naskah al Malhuzat; kurikulum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Husnul Yaqin | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2023 07:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Sep 2023 07:22 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65019 |
Actions (login required)
View Item |