Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis software lectora inspire 17 untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas IX di SMP Negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Nuril Fitri (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis software lectora inspire 17 untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas IX di SMP Negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuril Fitri Amaliyah_D0A218017 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar kognitif siswa yang rendah pada mata pelajaran IPA karena kurangnya variasi media pembelajaran. Dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis software Lectora Inspire 17. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran pembelajaran interaktif menggunakan software Lectora Inspire dan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif software Lectora Inspire. Pengembangan media pembelajaran mengacu pada syarat kelayakan pengembangan yaitu berdasarkan kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Pengembangan media pembelajaran mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis); 2) Design (Perancangan); 3) Development (Pengembangan); 4) Implementation (Penerapan); 5) Evaluation (Evaluasi). Uji coba dilakukan kepada kelompok kecil (10 siswa) dan kelompok besar (37 siswa) di SMPN 5 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi (sebagai data awal pra-penelitian), angket dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket yang terdiri dari lembar validasi media (menguji kevalidan dan kepraktisan media) dan lembar angket respon siswa (menguji keefektifan media) serta lembar tes (mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif). Teknik analisis data angket meliputi analisis kevalidan, analisis kepraktisan, analisis keefektifan dan analisis data tes meliputi uji N-Gain dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media pembelajaran mendapat persentase rata-rata total sebesar 89,5% kategori valid. Masing-masing validator memberikan nilai B (dapat digunakan dengan sedikit revisi) dari validator ahli media dan nilai A (dapat digunakan tanpa revisi) dari ahli materi, sehingga media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire dikategorikan praktis. Respon siswa terhadap media pembelajaran pada kelompok kecil menghasilkan skor rata-rata 87% dan kelompok besar 89% yang berarti media pembelajaran efektif digunakan. Dapat diketahui nilai N-Gain menghasilkan presentase sebesar 75,36% dengan kategori efektif dan Effect Size mendapat hasil 0,75 dengan kategori efek besar, sehingga menunjukkan bahwa penggunaan media mempunyai efek yang besar terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Nuril Fitrinurilf.99@gmail.comD0A218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatik----
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Pengembangan media interaktif; Lectora Inspire 17; hasil belajar kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: nuril fitri amaliyah
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:11
Last Modified: 21 Sep 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65216

Actions (login required)

View Item View Item