This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Udhmah, Syafaatul (2023) Pengembangan media augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar pada materi peredaran darah manusia kelas V di MIS Islamiyah Ngoro Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
SYAFAATUL UDHMAH_02041020015.pdf Download (2MB) |
Abstract
Media pembelajaran menjadikan guru dituntut untuk mengikuti perkembangan media dari pembelajaran, karena pola penggunaan media yang semakin variatif, mulai dari yang murah dan efisien dalam penyampaian materi pembelajaran sampai pada penggunaan media pembelajaran yang menggunakan teknologi yang bagus. Guru didorong untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman terkait penggunaan dan penciptaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain media augmented reality, mendeskripsikan efektifitas pengembangan media augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar siswa materi peredaran darah manusia kelas 5 MIS Islamiyah Ngoro Jombang. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian R&D dengan mengacu pola ADDIE dengan lima tahapan alur yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini 20 siswa kelas 5 MIS Islamiyah Ngoro Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan juga tes. Data kemudian diolah dengan teknik analisis kualitatif deskriptif, analisis validitas dan analisis efektifitas. Hasil penelitian ini adalah 1) Desain media augmented reality yang dikembangkan memiliki acuan yaitu kondisi karakteristik siswa, materi dan juga tumbuhnya motivasi belajar siswa. Desain yang dikembangkan mendapat hasil dari ahli media dan ahli materi yaitu layak digunakan. 2) Efektifitas media augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dihitung dengan paired sample t-test diperoleh nilai sig (p-value) sebesar 0,000 lebih kecil dari α (0,05) yang berarti pengembangan media augmented reality ini memiliki efektifitas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa materi peredaran darah manusia.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Penelitian pengembangan; media augmented reality; motivasi belajar; peredaran darah manusia | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | SYAFAATUL UDHMAH | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2023 08:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2023 03:36 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65470 |
Actions (login required)
View Item |