Efektivitas metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dengan bantuan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX di SMP Negeri 19 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriyanti, Aisyatul Auliyah (2023) Efektivitas metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dengan bantuan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX di SMP Negeri 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyatul Auliyah Febriyanti_D7A219010 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aisyatul Auliyah Febriyanti, 2023. Efektivitas Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Denngan Bantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX Di SMP Negeri 19 Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Surabaya. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode pembelajaran yang konvensional yang masih bersifat teacher centered khususnya pada materi sistem reproduksi manusia sehingga kurang mengaktifkan peserta didik. Guru hanya memberikan penjelasan secara ceramah dan peserta didik dituntut untuk mendengarkan dengan seksama. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dengan bantuan alat peraga yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dengan bantuan alat peraga terhadap hasil belajar materi sistem reproduksi manusia pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 19 Surabaya. Penelitian ini merupapakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 19 Surabaya Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian adalah kelas IX I sebagai kelas eksperimen dan IX G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk hasil tes, uji Mann Whitney untuk uji hipotesis, perhitungan N-Gain dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dari hasil output dasar pengambilan keputusan uji Wilcoxon adalah jika nilai Asymp.Sig (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak, data hasil yang diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) adalah 0,000 artinya bahwa menolak H0, artinya metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dengan bantuan alat peraga terhadap hasil belajar materi sistem reproduksi manusia pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 19 Surabaya. Ada perbedaan antara penerapan metode PQ4R di kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak diterapkan metode PQ4R. Hasil uji Mann Whitney nilai signifikansinya < 0,05, hal ini berarti metode PQ4R efektif digunakan. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan terdapat peningkatan nilai pretest dan posttest yang dibuktikan dengan skor N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,62254 dengan kategori sedang, sedangkan skor N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,69845 dengan kategori sedang. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dengan bantuan alat peraga efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi sistem reproduksi manusia kelas IXI SMP Negeri 19 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriyanti, Aisyatul Auliyahaisyatulauliyahfebriyanti@gmail.comD7A219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita_ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Biologi
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Metode PQ4R; alat peraga; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Aisyatul Auliyah Febriyanti
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:11
Last Modified: 13 Oct 2023 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66069

Actions (login required)

View Item View Item