This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nasich, M. Chanif (2022) Internalisasi nilai moderasi beragama melalui pembelajaran kitab al-Adyan: studi kasus siswa kelas 2 Madrasah Aliyah Fadllillah Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
M. Chanif Nasich_F02318083.pdf Download (3MB) |
Abstract
Internalisasi nilai moderasi beragama melalui pembelajaran kitab Al-Adyān merupakan upaya lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Fadllillah dalam mencegah pemahaman dan perilaku siswa yang ekstrem maupun radikal, serta memberi solusi dalam mengatasi berkembangnya radikalisme didunia pendidikan. Penelitian ini terfokus pada 3 masalah yang ingin diteliti, 1) apa saja bentuk nilai moderasi beragama yang terkandung dalam kitab Al-Adyān, 2) bagaimana proses internalisasi nilai moderasi beragama melalui pembelajaran kitab Al-Adyān di Madrasah Aliyah Fadllillah, 3) bagaimana Implikasi internalisasi nilai moderasi beragama melalui pembelajaran kitab Al-Adyān di Madrasah Aliyah Fadllillah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara kepada kepala sekolah, waka kesiswaan, guru mata pelajaran Al-Adyān dan siswa kelas 2 Madrasah Aliyah Fadllillah, observasi langsung tentang proses internalisasi di madrasah dan dokumentasi seperti dokumen profil madrasah dan KI-KD materi Al-Adyān. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknis dan waktu. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarakan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai moderasi beragama yang terkandung pada kitab Al-Adyān adalah Tawassuṭ (Moderat), Tasāmuh (Toleran), I’tidāl (Adil), 2) Proses internalisasi nilai moderasi beragama di Madrasah Aliyah Fadllillah terbagi menjadi tiga tahap, yaitu: Tahap Transformasi Nilai dengan ceramah dan penugasan, Tahap Transaksi Nilai dengan dengan diskusi dan keteladanan, Tahap Transinternalisasi Nilai dengan pengamatan dan pembiasaan serta evaluasi, 3) Implikasi nilai moderasi beragama di Madrasah Aliyah Fadllillah Nampak pada sikap Tawassuṭ (Moderat) dalam bentuk menerima perbedaan madzhab, Tasāmuh (Toleran) dalam bentuk menghormati kegiatan acara haul pendiri pendok, I’tidāl (Adil) dalam bentuk pemberian hukuman secara adil. Siswa juga terlibat secara langsung dalam seminar bahasa, vaksinasi covid-19, pembagian sembako Ramadhan dan pembagian daging qurban yang mana dalam kegiatan tersebut orang non muslim juga terlibat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pesantren Sosiologi Islam |
||||||||||||
Keywords: | Nilai moderasi beragama; pembelajaran kitab al-Adyan; Madrasah Aliyah Fadllillah | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | M. Chanif Nasich | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2023 06:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Nov 2023 06:36 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66511 |
Actions (login required)
View Item |