This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Silmi, Thoriq Aji (2023) Penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan daya kreativitas peserta didik di SMAN 1 Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Thoriq Aji Silmi_02040821030.pdf Download (5MB) |
|
Text
Thoriq Aji Silmi_02040821030_Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan 2 narasumber yaitu 1 guru Pendidikan Agama yang mengajar kelas X dengan menerapkan kurikulum merdeka dan Peserta didik kelas X sebagai peserta kegiatan P5. Penelitian ini membahas terkait penerapan kurikulum merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam usaha untuk meningkatkan daya kreativitas peserta didik yang terjadi di SMAN 1 Bojonegoro. Dengan Formulasi rumusan masalah yang berjumlah tiga yaitu (1) Bagaimana Desain Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 1 Bojonegoro? (2) Bagaimana Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik di SMAN 1 Bojonegoro? Dan (3) Bagaimana peningkatan daya kreativitas belajar peserta didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 1 Bojonegoro? Hasil menunjukkan bahwa Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran PAI dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam upaya meningkatkan daya kreativitas peserta didik terbukti signifikan. Hal ini dibuktikan dengan Dari analisis regresi yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh nilai Y = 26,453 + 0,0253(x1) + 0,267(x2) yang artinya jika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran PAI dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila meningkat 1%. Berdasarkan dari output model summary, diketahui nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,837. Berdasarkan angka koefisien determinasi (Adjusted R Square) 0, 837 dapat diiterpretasikan bahwa Penerapan Kurikulum Merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mempengaruhi daya kreativitas peserta didik sebesar 78,3% sementara 21,7% dipengaruhi oleh factor-faktor lain diluar penelitian ini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Peran Guru Pendidikan > Kurikulum Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Kurikulum merdeka; P5; kreativitas peserta didik | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Thoriq Aji silmi | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2023 02:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Dec 2023 02:07 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66745 |
Actions (login required)
View Item |