This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arrahmah, Fathiyah Khasanah (2023) Pengaruh kompetensi da’i dan pesan dakwah terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Universitas Negeri di Surabaya dengan media sosial sebagai variabel moderasi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Fathiyah Khasanah Arrahmah_02040721007.pdf Download (22MB) |
|
Text
Fathiyah Khasanah Arrahmah_02040721007_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 January 2027. Download (22MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi da'i dan pesan dakwah terhadap perilaku keagamaan mahasiswa di universitas negeri di Surabaya, dengan media sosial sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini ialah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik menggunakan aplikasi SPSS V.26, serta SEM (Structural Equation Models) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Sampel penelitian terdiri dari 384 mahasiswa yang dipilih dengan Teknik random sampling dari populasi sejumlah 88.870 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Analisis data menyatakan bahwa terdapat pengaruh kompetensi da’i terhadap perilaku keagamaan. Nilai koefisien yang diperoleh adalah 0,052, dengan nilai p-Values sebesar 0,000 (lebih kecil dari alpha = 0,05). Oleh karena itu, hipotesis 1 dapat diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi da’i mempengaruhi perilaku keagamaan mahasiswa Universitas Negeri di Surabaya. (2) Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi da’i terhadap perilaku keagamaan. Nilai koefisien yang diperoleh adalah 0,477, dengan nilai p-Values sebesar 0,000 (lebih kecil dari alpha = 0,05). Oleh karena itu, hipotesis 2 dapat diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah memiliki pengaruh terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Universitas Negeri di Surabaya. (3) Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi da’i terhadap perilaku keagamaan dengan media sosial sebagai variabel moderasi tidak signifikan. Koefisien yang diperoleh adalah -0,008, dengan nilai p-Values sebesar 0,843 (lebih besar dari alpha = 0,05). Oleh karena itu, hipotesis 3 ditolak. Artinya, variabel moderasi (media sosial) tidak memiliki pengaruh dalam hubungan antara kompetensi da’i dan perilaku keagamaan. (4) Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pengaruh pesan dakwah terhadap perilaku keagamaan dengan media sosial sebagai variabel moderasi tidak signifikan. Koefisien yang diperoleh adalah -0,033, dengan nilai p-Values sebesar 0,843 (lebih besar dari alpha = 0,05). Oleh karena itu, hipotesis 4 ditolak. Artinya, variabel moderasi (media sosial) tidak memiliki pengaruh dalam hubungan antara variabel pesan dakwah dan perilaku keagamaan. Kesimpulan penelitian adalah bahwa kompetensi da’i dan pesan dakwah memiliki pengaruh terhadap perilaku keagamaan mahasiswa universitas negeri di Surabaya. Artinya semakin baik kompetensi yang dimiliki da’i dan pesan dakwah yang disampaikan, maka semakin memberikan pengaruh pada perilaku keagamaan. Sedangkan media sosial sebagai variabel moderasi tidak mampu memperkuat ataupun memperlemah hubungan antara kompetensi da’i dan pesan dakwah terhadap perilaku keagamaan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Komunikasi Islam Media Sosial Dakwah > Pesan Dakwah Pesan Dakwah |
||||||||
Keywords: | Kompetensi da’i; pesan dakwah; perilaku keagamaan; media sosial | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Fat'hiyah Khasanah Ar'rahmah | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2024 04:20 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2024 04:20 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66851 |
Actions (login required)
View Item |