This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Safitri, Danis (2023) Pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aljabar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Danis Safitri_D74219019.pdf Download (10MB) |
|
Text
Danis Safitri_D74219019_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 2 January 2027. Download (10MB) |
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran sangatlah penting dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi aljabar sebelum dan setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII UPT SMP Negeri 12 Gresik. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII-E UPT SMP Negeri 12 Gresik yang terdiri dari 29 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes tulis berupa lembar tes hasil belajar matematika. Lembar tes hasil belajar matematika terdiri dari pretest dan posttest. Data hasil pretest dan posttest hasil belajar matematika terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu Uji-t. Hasil penelitian yang diuji menggunakan uji statistik parametrik uji-t, pada hasil pretest dan posttest hasil belajar matematika menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya yang diperoleh dari nilai pretest mendapatkan nilai rata-rata sebesar 42,14. Kemudian pada hasil nilai posttest didapatkan nilai rata-rata sebesar 69,76, (2) Terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pretest dan posttest hasil belajar matematika 100% mengalami peningkatan. Uji statistik yaitu uji-t dilakukan untuk memperkuat alasan peningkatan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan uji-t yang dilakukan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya. Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya memberikan kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Metode pembelajaran; tutor sebaya; hasil belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Danis Safitri | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Jan 2024 04:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 01:47 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66977 |
Actions (login required)
View Item |