This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aini, Alifa Feby Nur (2023) Pengembangan media Komik Koko berbasis karakter dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan kelas III-C MI NU Wedoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Alifa Feby Nur Aini_06010720002 OK.pdf Download (412kB) |
|
Text
Alifa Feby Nur Aini_06010720002 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 5 January 2027. Download (6MB) |
Abstract
Media pembelajaran menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dengan tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi peserta didik kelas III-C MI NU Wedoro Sidoarjo lebih termotivasi saat pembelajaran pecahan menggunakan media Komik Koko berbasis karakter. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan pengembangan media Komik Koko berbasis karakter. (2) Mendeskripsikan kevalidan hasil pengembangan pengembangan media Komik Koko berbasis karakter. (3) Mendeskripsikan kepraktisan hasil pengembangan pengembangan media Komik Koko berbasis karakter. (4) Mendeskripsikan keefektifan hasil pengembangan pengembangan media Komik Koko berbasis karakter. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) untuk menghasilkan produk tertentu serta untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Metode penelitian yang dilakukan penulis menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), and Evaluation (evaluasi). Instrumen untuk mengumpulkan data yang digunakan yaitu catatan lapangan, lembar validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa validitas media pembelajaran Komik Koko berbasis karakter menurut validator ahli media mendapatkan persentase validitas sebesar 88,3% dalam kategori sangat valid. Sedangkan oleh ahli materi mendapatkan rata-rata total validitas sebesar 85,22% dalam kategori sangat valid. Untuk kepraktisan media komik menurut guru kelas III-C mendapatkan persentase sebesar 97,33% dan masuk dalam kategori Sangat praktis. Sedangkan menurut peserta didik kelas III-C mendapatkan persentase sebesar 88,85% masuk dalam kategori Sangat praktis. Untuk keefektifan penggunaan media komik berbasis karakter dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar materi pecahan peserta didik kelas III-C.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; Komik; Pembelajaran Matematika. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Alifa Feby Nur Aini | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Jan 2024 09:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2024 09:03 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67116 |
Actions (login required)
View Item |