This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sahvitri, Ilmiati Lina (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemesanan roti ilmi bakeri di Perumahan Pesona Permata Gading 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Suan Ampel Surabaya.
Text
Ilmiati Lina Sahvitri_05010220010.pdf Download (5MB) |
|
Text
Ilmiati Lina Sahvitri_05010220010_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 8 January 2027. Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil dari penulisan dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pemesanan Roti Ilmi Bakeri di Perumahan Pesona Permata Gading 1 Sidoarjo”. Penulisan ini digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana praktik pemesanan roti Ilmi Bakeri di Perumahan Pesona Permata Gading 1 Sidoarjo? dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemesanan roti Ilmi Bakeri di Perumahan Pesona Permata Gading 1 Sidoarjo? Skripsi ini menggunakan metode kualitatif dan merupakan hasil dari penulisan lapangan, dengan mengguakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada pihak produsen, distributor, dan pembeli roti Ilmi Bakeri. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif dan analisis dengan menggunakan pola pikir induktif dengan menemukan sebuah kasus serta data yang ada di lapangan kemudian dikaitkan dengan teori-teori dan tinjauan hukum Islam yaitu akad istiṣnā kemudian untuk ditarik kesimpulan. Hasil penulisan dari penulisan ini menunjukan bahwa praktik pemesanan roti Ilmi Bakeri dilakukan secara offline dengan mendatangi lokasi maupun dilakukan secara online melalui whatsapp. Pihak yang bertransaksi yaitu produsen, distributor, dan pembeli yang memiliki karakteristik masing-masing. Jual beli dengan sistem pemesanan dilakukan pada saat roti belum ada dan memerlukan proses produksi terlebih dahulu, pemesan dapat menentukan kriteria dan jumlah roti yang akan dipesan sehingga dapat disebut dengan akad istiṣnā. Pada praktiknya juga telah memenuhi rukun dan syarat dari jual beli menggunakan akad istiṣnā. Namun terdapat beberapa ketidaksesuaian, seperti keterlambatan pembayaran yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal, dan kasus di mana pemesan tidak mengambil pesanan, menyebabkan kerugian bagi produsen sehingga apabila terjadi hal tersebut menjadi tidak sah sesuai dengan akad istiṣnā. Selain itu berdasarkan Fatwa Dewan Syari’ah Nasional NO:06/DSN-MUI/IV/2000 tentang akad istiṣnā, pembatalan pesanan oleh pemesan setelah roti selesai diproduksi dapat merugikan produsen tanpa adanya opsi khiyar karena tidak sesuai. Berdasarkan kesimpulan dalam skripsi ini, penulis menyarankan bahwa pihak produsen roti Ilmi Bakeri sebaiknya lebih memperhatikan pemesanan yang telah diterima dan memberikan informasi bahwa apabila kesepakatan telah dibuat tidak bisa dibatalkan sepihak dalam melaksanakan proses produksi roti. Penting bagi mereka untuk memastikan bahwa roti yang diproduksi sesuai dengan pesanan yang telah disepakati, guna menghindari keluhan dari para pelanggan. Produsen disarankan agar menjadi lebih tegas dalam menangani pelanggan yang tidak mematuhi perjanjian transaksi, karena hal tersebut dapat menimbulkan kerugian bagi produsen yang telah mengeluarkan biaya untuk bahan-bahan dalam produksi roti.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Islam Hukum Hukum Ekonomi |
||||||||
Keywords: | Praktik pemesanan roti Ilmi Bakeri; online; offline | ||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ilmiati Lina Sahvitri | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:13 | ||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 01:57 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67165 |
Actions (login required)
View Item |