This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohestina, Nadia Ilma (2024) Pengembangan media pembelajaran video animasi Powtoon materi Energi Dalam Sistem Kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar siwa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nadia Ilma Rohestina_D0A218016 ok.pdf Download (6MB) |
|
Text
Nadia Ilma Rohestina_D0A218016 full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 January 2027. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil studi awal di SMP Negeri 1 Waru yang masih memiliki hasil belajar tergolong rendah. Pembelajaran IPA yang dilakukan di SMP Negeri 1 Waru terkhusus jenjang kelas VII masih belum banyak menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami seperti media audiovisual dan animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi powtoon pada materi energi dalam sistem kehidupan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Waru. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang dibatasi hingga tahap 3D (Define, Design, dan Develop). Populasi uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Waru. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling dan mendapatkan kelas VIII A dengan jumlah sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi dan media untuk menilai kevalidan media video animasi powtoon. Nilai kepraktisan media menggunakan lembar validasi ahli praktisi pendidikan untuk menilai kepraktisan secara teoritis dan angket respon peserta didik untuk kepraktisan secara praktik. Soal Pretest dan Posttest digunakan untuk menilai keefektifan media video animasi powtoon dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa media video animasi powtoon telah dinyatakan ‘sangat valid’ oleh ahli materi dan media karena telah mencapai poin ketercapaian rata-rata dengan presentase 93% untuk kevalidan materi, dan 95% untuk kevalidan media. Media video animasi powtoon tergolong efektif karena rata-rata nilai tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan peningkatan dari skor 57 menjadi 79 dengan N-gain sebesar 0,49 yang memenuhi kriteria dengan peningkatan ‘sedang’. Media video animasi powtoon juga termasuk media yang praktis karena rata-rata skor oleh ahli praktisi pendidikan menunjukkan nilai 95% dan hasil angket respon peserta didik mendapat nilai 92,5% dan memenuhi iteria ‘sangat praktis’. Dengan demikian hasil belajar siswa materi energi dalam sistem kehidupan menggunakan media video animasi powtoon tergolong meningkat dan tujuan penelitian ini tercapai.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Belajar Kurikulum Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran; video animasi Powtoon; materi Energi Dalam Sistem Kehidupan; meningkatkan hasil belajar siswa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | NADIA ILMA ROHESTINA | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:17 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67473 |
Actions (login required)
View Item |