This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nuroniyah, Silvi Syarifatun (2024) Pengaruh media animasi 2d terhadap hasil belajar materi Asmaul Husna di kelas V-A MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Silvi Syarifatun Nuroniyah_06040720092.pdf Download (6MB) |
|
Text
Silvi Syarifatun Nuroniyah_06040720092_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 January 2027. Download (6MB) |
Abstract
Materi Asmaul Husna merupakan salah satu materi yang sudah dijadikan suatu pembiasaan ibadah yaumiyah di MIN 2 Sidoarjo. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Akidah Akhlak menunjukkan bahwa dari 27 peserta didik 30% peserta didik mendapatkan hasil belajar di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hal ini disebabkan rendahnya implementasi media pembelajaran pada pembelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan hal tersebut, guru mencoba menerapkan media animasi 2D dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan penerapan media animasi 2D terhadap hasil belajar materi Asmaul Husna peserta didik kelas V-A MIN 2 Sidoarjo. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media animasi 2D terhadap hasil belajar materi Asmaul Husna di kelas V-A MIN 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis ex-post facto. Sampel dalam penelitian yakni sampel purposif. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan untuk menguji kualitas data penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik “Setuju” terkait penggunaan media animasi 2D pada pembelajaran materi Asmaul Husnadibuktikan dengan hasil rata-rata angket penggunaan media animasi 2D yakni 4,06. Media animasi 2D mampu mempengaruhi hasil belajar materi Asmaul Husna dengan menggunakan uji analisis regresi linier sederhana mendapatkan hasil yakni thitung senilai 7,628 bernilai lebih besar dari ttabel yang sebesar 1,703 dan diperkuat dengan P-Value sebesar 0,000 bernilai lebih kecil dari 0,05 yang artinya terdapat pengaruh media animasi 2D terhadap hasil belajar materi Asmaul Husna di Kelas V-A MIN 2 Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Pengaruh media animasi 2D; hasil belajar materi Asmaul Husna | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Silvi Syarifatun Nuroniyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 04:14 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67479 |
Actions (login required)
View Item |