Peningkatan hasil belajar Matematika materi Pengukuran Sudut Melalui Penggunaan Media Jam Sudut Siswa Kelas IV MI Sunan Ampel 2 Trosobo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Gewi Nur (2023) Peningkatan hasil belajar Matematika materi Pengukuran Sudut Melalui Penggunaan Media Jam Sudut Siswa Kelas IV MI Sunan Ampel 2 Trosobo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gewi Nur Aini_D97219081 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Gewi Nur Aini_D97219081 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran materi pengukuran sudut di MI Sunan Ampel 2 Trosobo yang masih kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dari hasil evaluasi ulangan harian dengan ketuntasan belajar 21% (sangat kurang). Untuk meningkatkan hasil evaluasi materi pengukuran sudut, peneliti mengambil tindakan melalui media jam sudut dengan menggunakan pembelajaran kooperatif, yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media jam sudut pada materi pengukuran sudut kelas IV MI Sunan Ampel 2 Trosobo.Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Hopkin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1.Perencanaan, 2.Tindakan, 3.Observasi, 4.Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Sunan Ampel 2 Trosobo dengan jumlah 29 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, respons angket, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar materi pengukuran sudut kelas IV MI Sunan Ampel 2 Trosobo. Hasil belajar saat pra- siklus, rata-rata kelas adalah 57,93 untuk ketuntasan ada 6 siswa atau 21% dan yang belum tuntas ada 23 siswa atau 79%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 75,00. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 70,86, ketuntasan ada 15 siswa atau 52% dan belum tuntas ada 7 siswa atau 48% berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra siklus ke siklus I sebesar 12,93, sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 82,41 dan ketuntasan ada 26 siswa atau 90% dan belum tuntas ada 3 siswa atau 10%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 61,49. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Gewi Nurainigewi25@gmail.comD97219081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, MaunahUNSPECIFIED197411042008012008
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Subjects: Pendidikan
Keywords: Hasil belajar; media jam sudut
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gewi Nur Aini
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:58
Last Modified: 19 Jan 2024 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67561

Actions (login required)

View Item View Item