This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Utomo, Wahyu Budi (2023) Peran pondok pesantren Manbaul Ulum Desa Bulu, Sugihwaras, Bojonegoro dalam merehabilitasi anak jalanan tahun 2000-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Wahyu Budi Utomo_A92219118 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Wahyu Budi Utomo_A92219118 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai peran Pondok Pesantren Manbaul Ulum dalam merehabilitasi anak jalanan. Adapun permasalahan yang dibahas pada penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana sejarah awal berdirinya Pondok Pesantren manbaul Ulum? (2) Bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Manbaul Ulum? (3) Bagaimana peran Pondok Pesantren Manbaul Ulum dalam merehabilitasi anak jalanan?. Untuk menjawab beberapa permasalahan di atas, penulis menggunakan metode penelitian sejarah, di mana metode penelitian sejarah merupakan kumpulan secara sistematis dari prinsip-prinsip serta aturan-aturan yang ditujukan untuk membantu proses pengumpulan sumber sejarah secara efektif. Upaya yang dilakukan peneliti yakni melalui empat tahap. (1) Heuristik (mencari sumber), (2) Verifikasi atau kritik sumber, (3) Interpretasi, dan (4) Historiografi (penulisan), selain empat tahapan tersebut peneliti juga menggunakan teori pendukung milik John Obert Voll yaitu continuity and change dan Teori peran dari Ralph Linton. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu: (1) Pondok Pesantren Manbaul Ulum didirikan oleh kiai Ahmad Mahsun pada tahun 2000. sepulang dari menimba ilmu di berbagai macam Pondok Pesantren dan membawa pulang 3 santri dari Jambi. Perkembangan Pondok Pesantren Manbaul Ulum dibagi menjadi 7 tahap. Pertama, tahap rintisan awal, kedua tahap peralihan, ketiga tahap formalisasi, keempat tahap konsolidasi, kelima tahap legitimasi, keenam tahap diversifikasi, ketujuh tahap desentralisasi. Pondok Pesantren Manbaul Ulum memegang peran yang sangat penting dalam membimbing para santri yang sedang menjalani rehabilitasi, terutama dalam aspek keagamaan. Fokus peran Pondok Pesantren terhadap santri yang sedang direhabilitasi yang pertama mencakup bimbingan mental spiritual dan aspek-aspek ibadah, kedua adalah pendekatan kepribadian, ketiga menciptakan kebersamaan bersama teman.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kenakalan Anak dan Remaja Pesantren Anak > Pengangkatan Anak Sejarah Peradaban Islam |
||||||||||||
Keywords: | Pondok Pesantren; Rehabilitasi; Peran; Anak jalanan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Wahyu Budi Utomo | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2024 05:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2024 05:59 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67773 |
Actions (login required)
View Item |