This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Armianda, Selvia (2024) Problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 12 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Selvia Armianda_D91219150 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Selvia Armianda_D91219150 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2027. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum merdeka, sebuah inovasi dalam pendidikan yang ditujukan untuk mengatasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dan kesenjangan pembelajaran (learning gap) yang kemudian diperparah dengan adanya masa Covid-19. Meskipun diimplementasikan di beberapa lembaga pendidikan, beberapa problematika dan tantangan muncul terutama dalam pengenalan dan implementasi kurikulum baru, termasuk di UPT SMP Negeri 12 Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka, problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka, dan solusi untuk menghadapi problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 12 Gresik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deksriptif field research dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) implementasi kurikulum merdeka memiliki empat tahapan, yaitu persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka, diantaranya, mengampu pembelajaran projek yang tidak sesuai dengan kompetensi guru PAI, perbedaan karakteristik peserta didik, keterbatasan kemampuan IT, dan ketersediaan sarana prasarana yang kurang memadai; (3) solusi untuk mengatasi problematika yang dihadapi oleh guru PAI diantaranya yaitu, kolaborasi antar guru, pembinaan karakter, sekolah memberikan fasilitas berupa pelatihan IT secara rutin, dan membawa sarana prasarana pribadi sebagai media pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum | ||||||||||||
Keywords: | Problematika; Guru PAI; Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Selvia Armianda | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2024 07:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2024 07:05 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67907 |
Actions (login required)
View Item |