This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nazilah, Umroh (2015) EFEKTIFITAS METODE AT-TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SANTRI PADA BTQ DI TPQ ISHLAHUL UMMAH WARU - SIDOARJO : STUDI KASUS DI TPQ ISHLAHUL UMMAH WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Metode At-Tartil adalah cara baru belajar membaca Al-Qur’an yang telah disusun oleh LP Ma’arif Sidoarjo. Keistimewaan metode At-Tartil ini adalah sangat praktis dan sistematis,dikatakan sistematis karena di metode At-Tartil ini untuk jilid 1 halaman pertamanya tidak seuai dengan urutan huruf hijaiyah seperti metode yang lainya, tapi sesuai dengan makhorijul huruf yaitu tempat keluarnya huruf. karena dalam proses belajar membaca Al-Qur’an sudah memasukkan dan mempraktekan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya. Selain itu pada masing-masing jilidnya disertakan petunjuk pengajaranya.
Penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data-data lengkap yang berupa angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode At-Tartil efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar santri . Hal ini terbukti dengan dari hasil analisis korelasi product moment r yang menghasilkan nilai 0,703. Jika hasil tersebut dikonsultasikan dengan tabel product moment dengan memperhatikan responden dengan taraf signifikasi 5% dan 1% dengan terlebih dahulu mencari derajat bebasnya (db) aatau degres of freedomnya (df) dengan ketentuan r hitung > r tabel berarti ada pengaruh (ha diterima).
df = N-Nr
= 30-2
= 28
Dengan demikian maka nilai r tabel product moment pada taraf signifikasi 5% = 0,361 dan pada taraf signifikasi 1% = 0,463, karena nilai r hitung = 0,703 ini berarti nilai r hitung lebih besar dari r tabel.
Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi metode AtTartil efektif (mempunyai pengaruh) dalam meningkatkan keaktifan belajar santri pada BTP di TPQ Ishlahul Ummah diterima, dan hipotesis nol (Ho) yang berbunyi metode At-Tartil tidak efektif (tidak ada pengaruh) dalam meningkatkan keaktifan belajar santri pada BTQ di TPQ Ishlahul Ummah Waru-Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem | ||||||
Keywords: | Metode at-tartil; keaktifan belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 3213 not found. | ||||||
Date Deposited: | 14 Jun 2016 07:04 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2016 07:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6800 |
Actions (login required)
View Item |