This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khotimah, Chusnul (2015) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAJ AL ‘ARUS AL-HAWI LI TAHDZIB AL-NUFUS KARANGAN IBNU ATHAILLAH AL-ISKANDARI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidup dan kehidupan manusia. Pendidikan sebagai salah satu kebutuhan, fungsi sosial, sebagai bimbingan, sarana pertumbuhan yang mempersiapkan dan membukakan serta membentuk disiplin hidup. Pendidikan tidak hanya mendidik para peserta didiknya untuk menjadi manusia yang cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar berakhlak mulia. Saat ini, pendidikan di Indonesia dinilai oleh banyak kalangan tidak bermasalah dengan peran pendidikan dalam mencerdaskan para peserta didiknya, namun dinilai kurang berhasil dalam membangun kepribadian peserta didiknya agar berakhlak mulia. Oleh karena itu, pendidikan akhlak dipandang sebagai kebutuhan yang mendesak.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Taj al ‘Arus al-Hawi li Tahdzib al-Nufus karangan Ibnu Athaillah Al-Iskandari ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research), yaitu meneliti secara mendalam mengenai kitab Tajul ‘Arus. Sumber data penelitian di sini berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan untuk menganalisis data yang ada penulis mengorganisir, memilih dan memilah untuk disintesiskan kemudian menemukan pola dan menyimpulkannya. Setelah dilakukan peneltitian dengan pendekatan tersebut dapat diketahui bahwa nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tajul ‘Arus terbagi menjadi 3 aspek, yang pertama, Akhlak kepada Allah, yang kedua, Akhlak kepada diri sendiri dan yang ketiga, akhlak kepada sesama manusia. Nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta>j al ‘Aru>s al-H{a>wi> li Tahdzi>b al-Nufu>s ini didominasi akhlak mahmudah yang bersumber dari al-Quran dan Hadist memiliki implikasi positif bagi tercapainya tujuan nilai-nilai pendidikan akhlak dimasyarakat ataupun dalam lingkungan pendidikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak > Akhlak Mulia Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Akhlak; pendidikan akhlak. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 3213 not found. | ||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2016 03:48 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2016 03:48 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6811 |
Actions (login required)
View Item |