Pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap kepercayaan diri mahasiswa prodi bimbingan konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lusyana, Mei (2023) Pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap kepercayaan diri mahasiswa prodi bimbingan konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mei Lusyana_04020520061.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mei Lusyana_04020520061_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh dari penggunaan media sosial Instagram terhadap kepercayaan diri mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Persoalan tersebut akan diuraikan dengan metode statistik inferensial dalam bingkai teori komunikasi media baru: medium theory atau teori ekologi media dengan rumus korelasi product moment, maka diperoleh nilai sebesar, r hitung = 0,609. Jadi r hitung > r tabel (0,609 > 0,256). Sehingga pernyataan H0 bahwa “Tidak ada pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap kepercayaan diri mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.” Ditolak. Sedangkan H1 yang menyatakan “Ada pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap kepercayaan diri mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.” Diterima. Variabel X (independen) memiliki korelasi yang kuat dan positif terhadap variabel Y (dependen). Hasil pengukuran pengaruh dari koefisien determinasi (r2) = R2 (0,609)2 x 100% = 0,370 x 100% Hasil ini sama dengan 37,0% ini berarti sumbangan efektif yang diberikan oleh penggunaan media sosial Instagram terhadap kepercayaan diri sebesar 37% dan 63% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lusyana, Meilusyanamei17@gmail.com04020520061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Internet
Kepribadian
Media Sosial
Keywords: Komunikasi; instagram; kepercayaan diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mei Lusyana
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:45
Last Modified: 02 Feb 2024 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68149

Actions (login required)

View Item View Item