This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rani, Aulia Cahya (2024) Evaluasi Incident Management pada layanan teknologi informasi direktorat sistem informasi UNTAG Surabaya menggunakan ITIL V4. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Aulia Cahya Rani_H76219020 OK.pdf Download (555kB) |
|
Text
Aulia Cahya Rani_H76219020 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2027. Download (8MB) |
Abstract
Penerapan layanan teknologi informasi pada pendidikan tinggi sudah banyak diimplementasikan salah satunya pada Direkorat Sistem Informasi UNTAG Surabaya. Penerapan layanan TI tersebut tentu tidak luput dari suatu insiden yang tentu harus diatasi dengan incident management yang matang. Untuk mengetahui nilai kematangan (maturity level) incident management pada layanan TI tersebut, maka perlu dilakukan evaluasi incident management menggunakan framework best practice yaitu ITIL dengan versi yang terbaru yakni versi 4. Evaluasi ini selain mengukur nilai kematangan (maturity level) juga mengukur nilai kesenjangan (gap analysis) antara penanganan insiden saat ini dengan penanganan insiden sesuai ITIL V4. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada pihak DSI UNTAG Surabaya. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tingkat kematangan (maturity level) incident management pada layanan TI DSI UNTAG Surabaya berada pada level 4 (managed and measurable) yang berarti bahwa rancangan tata kelola teknologi informasi yang baik terutama mengenai incident management sudah diimplementasikan seluruhnya disemua tingkatan dan tidak terdapat kesenjangan antara penanganan insiden saat ini dengan penanganan insiden sesuai ITIL V4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa incident management pada layanan TI tersebut sudah cukup baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Teknologi Teknologi > Teknologi Informasi |
||||||||||||
Keywords: | Incident Management; ITIL V4; Maturity Level; Gap Analysis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi | ||||||||||||
Depositing User: | Aulia Cahya Rani | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2024 23:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2024 23:31 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68273 |
Actions (login required)
View Item |