This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Robithoh, Mohammad Filsafat (2023) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Fikih di MAN 6 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mohammad Filsafat Robithoh_D71219070 full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2027. Download (1MB) |
|
Text
Mohammad Filsafat Robithoh_D71219070.pdf Download (697kB) |
Abstract
Karya tulis ilmiah ini dikemas dalam bentuk skripsi yang berjudul Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Fikih di MAN 6 Jombang, penelitian ini terfokus pada kajian tentang pembelajaran Fikih pada kurikulum merdeka dengan menggunakan metode penelitian kualitatif sehingga paparan data dan hasil yang dieroleh dijabarkan dalam bentuk narasi. Hadirnya kurikulum merdeka adalah sebagai opsi pemulihan pembelajaran yang didisain dan dirancang guna dapat memberikan keleluasaan pada satuan pendidikan, Dalam menciptakan inovasi pembelajaran yang relevan dengan menyesuiakan kebutuhan serta mengetahui karakteristik peserta didik. Dengan adanya kurikulum merdeka memberikan dampak terhadap kegiatan belajar mengajar untuk beradaptasi penguasaan teknologi. Metode yang digunakan peneliti yaitu menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti memperoleh data hasil dari Menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Sumber data melalui Teknik wawancara berdaarkan purposive sampling sebagai pemilihan menentukan sumber yang akan di wawancarai. Kemudian data yang di peroleh peneliti menggunakan analisis data deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian implementasi Kurikulum Merdeka pada pelajaran Fikih kelas X MAN 6 Jombang terdapat tahapan tahapan pembelajaran baik dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluaisi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yaitu mulai dari penyususnan CP sampai menyusun modul ajar, sedangkan pelaksanaan pembelajaran yaitu terdapat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, serta evaluasi pembelajaran yaitu terdapat evaluasi formatif dan sumatif yang dilakukan dalam bentuk tes tulis. Berdasrkan hasil tersebut peneliti dapat mengetahui bahwa implementasi pembelajaran fikih pada kurikulum merdeka di MAN 6 Jombang berjalan dengan baik dan sesuai dengan dokumen kurikulum madrasah meskipun masih dalam tahap penyesuaian dan masih terus melakukan peningkatan kinerja dalam implementasi kurikulum merdeka
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Implementasi; kurikulum merdeka; pembelajaran Fikih | ||||||||||||
Depositing User: | Mohammad Filsafat Robithoh | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2024 02:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2024 02:27 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68318 |
Actions (login required)
View Item |