This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arif, Irwan Maulana (2023) Pengembangan aplikasi virtual reality untuk Museum Nahdlatul Ulama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Irwan Maulana Arif_H96218062.pdf Download (4MB) |
|
Text
Irwan Maulana Arif_H96218062_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 September 2027. Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini menyebabkan terjadinya pergeseran kebiasaan manusia terhadap membaca buku sehingga menyebabkan terjadinya krisis membaca. Untuk menangani krisis membaca maka dibuatlah media pembelajaran yang tidak membosankan terhadap lingkungan museum Nahdlatul Ulama menggunakan Virtual Reality (VR) yang menjadikan museum sebagai simulasi yang interaktif. Metode perancangan yang digunakan adalah metode research and development yang memanfaatkan game engine Unity dengan bahasa pemrograman C#, Blender sebagai pembuat objek 3D, dan Mozilla Spoke sebagai pembuat ruang lingkup objek 3D, sedangkan pengujian menggunakan metode Blackbox. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Virtual Reality yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Tehnik Informatika Teknologi > Teknologi Informasi Nahdlatul Ulama |
||||||||||||
Keywords: | Virtual reality; simulasi; museum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi | ||||||||||||
Depositing User: | Irwan Maulana Arif | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:18 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68351 |
Actions (login required)
View Item |