فعالية تطبيق الوسيلة التعلمية جامبرود (JAMBOARD) نموذج التعلم الاستفسارى لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الاسلام الحكومية "الثانية" سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahidah, Suci Santri Wira'i (2023) فعالية تطبيق الوسيلة التعلمية جامبرود (JAMBOARD) نموذج التعلم الاستفسارى لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الاسلام الحكومية "الثانية" سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suci Santri Wira'i Wahidah_D02219026 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Suci Santri Wira'i Wahidah_D02219026 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab menekankan pada penguasaan empat maharah yakni istima’, kalam, qiraah, kitabah. Di mana keterampilan menulis merupakan keterampilan tertinggi yang pemerolehannya membutuhkan latihan dan pembiasaan secara berkelanjutan. Penggunaan media Jamboard untuk melatih siswa menulis sehingga keterampilan menulis mereka meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan, yakni (1) mengetahui keterampilan menulis siswa kelas VII MTsN 2 Sidoarjo, (2) mengetahui bagaimana penerapan media Jamboard dengan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII MTsN 2 Sidoarjo, (3) mengetahui bagaimana pengaruh penerapan media Jamboard dengan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII MTsN 2 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan uji “T” atau “T-test”. Adapun metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan tes. Sedangkan teknik sampling yang digunakan yakni purposive sampling dengan jumlah sampel 32 kelas VII-A MTsN 2 Sidoarjo. Hasil dari analisis diperoleh t0>ttabel ǀ 2,45282 < 8,61 > 1,69552 karena t0 lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pada penggunaan media Easytestmaker berbasis website dengan pendekatan integrative untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII MTsN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahidah, Suci Santri Wira'iwahidahsuci@gmail.comD02219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Keywords: Media Pembelajaran; Jamboard; Model Pembelajaran Inkuiri; Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Suci Santri Wira'i Wahidah
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:43
Last Modified: 26 Feb 2024 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68537

Actions (login required)

View Item View Item