This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rini, Ristya (2024) Implementasi strategi synergetic teaching dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMAN 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ristya Rini_06040120100.pdf Download (5MB) |
|
Text
Ristya Rini_06040120100_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 March 2027. Download (5MB) |
Abstract
Ristya Rini, 06040120100. Implementasi Strategi Synergetic Teaching dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMAN 15 Surabaya. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya. Dosen Pembimbing: Fathur Rohman, M.Ag dan Drs. Abdul Manan, M.Pd.I. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya peserta didik pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, yang disebabkan karena kurang tepatnya guru dalam memilih strategi pembelajaran yang digunakan, sehingga peneliti memilih strategi pembelajaran Synergetic Teaching (pembelajaran bersinergi) dalam kurikulum merdeka. Strategi ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dan saling berbagi hasil belajar dari materi yang sama dengan cara membandingkan catatan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi strategi synergetic teaching dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMAN 15 Surabaya. (2) Untuk mengetahui problematika implementasi strategi synergetic teaching dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMAN 15 Surabaya. (3) Untuk mengetahui solusi problematika implementasi strategi synergetic teaching dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMAN 15 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan mengambil objek SMAN 15 Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu Waka Kurikulum, Guru PAI Kelas X yang di teliti, serta Peserta Didik Kelas X yang diteliti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Implementasi strategi synergetic teaching diperlukan persiapan yaitu: Adanya perangkat pembelajaran, membaca materi dari buku, memperdalam materi dengan mencari referensi dari luar buku, menyiapkan laptop, proyektor, portable speaker, bilamana diperlukan, menyiapkan pertanyaan dan permasalahan untuk dipecahkan murid, dan, memastikan ada ruangan kedua selain kelas yang bisa digunakan untuk KBM. Disini juga dilengkapi dengan langkah-langkah implementasi strategi pembelajaran synergetic teaching. (2) Adapun problematika yang di alami siswa dan guru setelah saya melakukan penelitian di SMAN 15 Surabaya yaitu sebagai berikut: Perangkat Pembelajaran, waktu, perbedaan catatan, perbedaan penjelasan yang di peroleh, membutuhkan dua guru dalam waktu yang bersamaan, dan tidak tahunya passion peserta didik. (3) Solusi dari problematika dalam mengatasi permasalahan implementasi strategi synergetic teaching, yaitu sebagai berikut: Menghidupkan MGMP sekolah, waktu dibatasi, saling melengkapi catatan pasangannya, saling memberikan penjelasan kepada pasangannya, meminta guru piket mengawasi kelompok yang di luar kelas atau mengamanati salah satu siswa agar dijadikan pengawas, mengelompokkan passion peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Agama Islam Pendidikan Islam |
||||||||||||
Keywords: | Implementasi; strategi synergetic teaching; kurikulum merdeka | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ristya Rini | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Apr 2024 03:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Apr 2024 03:29 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68806 |
Actions (login required)
View Item |