This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Masruhah, Siti (1999) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MAHASISWI FAKULTAS SYARI'AH YANl TINGGAL DI ASRAMA DAN NON ASRAMA DI IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (979kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses belajlar mahasiswi Fak. yari'ah IAIN Sunan Ampel Surabaya yang tinggal di asrama dan yang tinggal diluar asrama. (2) Bagaimana prestasi belajar mahasiswi Fak. Syari'ah IAIN Sunan Ampel yang tinggaI di asrama (3) Bagaimana prestasi belajar mahasiswi yang tinggal di luar asrama (4) Bagaimana perbedaan dan persamaan prestasi belajar mahasiswi Fak. Syari’ah IAIN Sunan Ampel Surabaya yang tinggal di asrama dan diiluar asrama. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini yaitu: “Penentuan populasi dan sampel, sumber data, tehnik pengumpulan data, dan analisa data. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Prestasi belajar mahasiswi yang tinggal dii asrarna baik. Hal ini karena lingkungan dan iklim yang ada di asrama sangat rnendukung untuk tercapainya Prestasi yang baik tersebut mereka sadar akan kehidupan asrama yang penuh dengan kesedehanaan dan rasa persaudaraan yang tinggi, tolong–menolong antar sesama warga asrama. Mereka bisa berkompetisi, berlornba dan berusaha dalam bekerja, terutarna dalam hal prestasi belajar. (2) Prestasi belajar mahasiswi, yang tinggal diluar asrama sama baiknya dengan prestasi belajar mahasiswi yang tinggal di asrama, rneskipun lingkungan belajarnya berbeda. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhinya baik intern maupun faktor eksteren. Diantara faktor-fakaktor intern mahasiswi yang mendukung tercapainya prestasi belajar yang baik yaitu adanya niatan dan usaha terus menerus untuk mengantisipasi segala kekurangan fasilitas yang ada sehinrgga pada ahirnya kekurangan tersebut dapat tertutupi danbisa mencetak prestasi yang baik. (3) prestasi belajar rnahsiswi yang tinggal di asrama dan non asrama adalah tidak ada perbedaan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan rumus t- tes. Hasil penelitian=0,02 lebih kecil dari t- tabel - 2.01 dan 2.68. Dan dilihat dari nilai rata-rata (IP) mahasiswi yang tinggal di asrarna ( Mx=3,13) harnpir sama dengan nilai rata-rata mahasiswi non asrama ( My=3,13 ). (4) yang Membedakan dua komunitas mahasiswi tersebut yaitu adanya lingkungan yang berbeda diantara keduanya. Di asranta lingkunganya lebih terkondisikan karena ada batasan berupa tata Lertib dan peraturan yang harus diitaati, selain itu ada pengawas ( pengasuh dan pengurus asrarna ) yang mernpunyai tugas mengontrol aktifitas belajarnya. Sedangkan kehidupan mahasiswi yang tinggal diluar asranra tampak lebih longgar karena secara kelembagaan tidak ada peraturan yang harus ditaati. disamping tidak adanya pengawas yang mengontrol perkembangan belajar mahasiswi,mereka bias belajar dimapun berada terutarna di perpustakaan yang sangat menunjang keberhasilan mereka untuk rneraih prestasi belajar yang baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A.Z. Fanani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pesantren |
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar Mahasiswi; Asrama | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2016 04:52 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2016 02:25 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6889 |
Actions (login required)
View Item |