KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK PERSPEKTIF IMAM AL-GHOZALI : KAJIAN ATAS KITAB AYYUHAL WALAD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibi, Salisur Rizal (2015) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK PERSPEKTIF IMAM AL-GHOZALI : KAJIAN ATAS KITAB AYYUHAL WALAD. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Seorang anak dilahirkan ke dunia masih dalam keadaan fitrah, bersih tanpa dosa. Orang tuanya lah yang memberikan pandangan, yang memberikan wawasan, yang pertama kali membisikkan kata, suara adzan yang dibisikkan oleh ayahnya ataukah suara baptis seorang pastur. Apa yang dibisikkan itu menjadi dasar hidupnya, menjadi tujuan hidup dan gaya hidupnya. Al-Ghazali sependapat dengan hal tersebut, bahwa manusia ini lahir masih dalam keadaan suci dan perlu dididik untuk mencapai tujuan kehidupan yaitu dekat dengan Sang Pencipta. Hal inilah yang mendasari penulis untuk mengkaji tentang konsep pendidikan akhlak anak mengacu pemikiran Hujjatul Islam, yaitu Imam al-Ghazali.
Penelitian ini mengkaji rumusan masalah “bagaimana konsep pendidikan akhlak anak perspektif Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad ”, yang bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak anak perspektif Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad
Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dan metode yang digunakan dalam menganalisis datanya adalah content Analysis (Analisis Isi). Metode pengumpulan datanya yang dipakai adalah metode dokumentasi, dengan menggunakan primer yaitu kitab Ayyuhal Walad, sedangkan data sekundernya adalah buku-buku lain yang relevan dengan judul skripsi ini.
Berdasarkan penelitian ini, maka kami menyimpulkan bahwa konsep pendidikan akhlak anak perspektif Imam Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad meliputi: 1. Tujuan pendidikan; ilmu sebagai sarana taqarrub ilallah, bahwa manusia diciptakan hanya untuk menyembah kepada Allah, 2. Pendidik sebagai pembimbing akhlak anak; pendidik harus mempunyai sifat alim dan berakhlak karimah yang bisa membuang akhlak tercela dari dalam diri anak didik melalui proses tarbiyah dan menggantinya dengan akhlak yang baik, 3. Anak sebagai peserta/anak didik, bahwa anak didik harus mempunyai sifat-sifat yang mulia, seperti : tawadlu’, mengetahui nilai dan tujuan pendidikan, bersungguh-sungguh dalam belajar, mengamalkan ilmu yang diperoleh, dan ikhlas, 4. Metode pendidikan akhlak anak al-Ghazali. Dalam kajian kitab ayyuhal Walad ini Imam Ghazali memberikan contoh pendidikan dengan metode kisah/cerita, menasehati, teladan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibi, Salisur RizalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Akhlak; Imam Ghazali
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2016 04:50
Last Modified: 20 Jun 2016 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6890

Actions (login required)

View Item View Item