Kepemimpinan kepala madrasah dalam optimalisasi kinerja guru pada era merdeka belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Aliffia Laila Nur (2024) Kepemimpinan kepala madrasah dalam optimalisasi kinerja guru pada era merdeka belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aliffia Laila Nur Hidayah_06020320021 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aliffia Laila Nur Hidayah_06020320021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran krusial dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Sebagai pemimpin, kepala madrasah memegang peranan penting dalam meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja guru, terutama dalam memastikan pelaksanaan pembelajaran yang efektif. Kinerja guru merupakan gambaran sikap, keterampilan, nilai-nilai dan pengetahuan yang dimiliki guru dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya. Untuk dapat melaksanakan tugas utamanya guru diharuskan dapat memahami terlebih dahulu tentang konsep kurikulum dan pembelajaran, Dengan memahami kemampuan tersebut, diharapkan guru dapat mampu menerapkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka belajar dengan baik.Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang (2) untuk mendeskripsikan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang (3) untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam optimalisasi kinerja guru pada era merdeka belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles and Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa 1) kepemimpnan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang menerapkan kepemimpinan yang efektif, dalam kepemimpinanya kepala madrasah merupakan sosok yang visioner, memimpin dengan tipe gaya yang demokratis serta partisipatif dalam merumuskan kebijakan dan pengambilan keputusan. 2) Kinerja guru di madrasah sudah dilakukan dengan optimal dengan presentase 96 % sesuai dengan hasil penilaian kinerja guru, serta dilihat dari aspek kinerja guru dalam melakukan perencanaan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melakukan penilaian pembelajaran, kemampuan dalam membimbing siswa, dan dalam melaksanakan tugas tambahan. 3) Strategi kepala madrasah sebagai pemimpin dalam mengoptimalisasi kinerja guru pada era merdeka belajar dilakukan melalui berbagai cara seperti, melakukan pembinaan kinerja guru, membentuk tim pengembang kurikulum merdeka belajar, menggunakan platfrom pusat informasi pelatihan dan pembelajaran (PINTAR), melakukan kegiatan supervisi guru, memberikan pembinaan disiplin, memberikan motivasi kepada guru dan memberikan penghargaan kepada guru yang mempunyai kinerja yang baik. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Merdeka Belajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Aliffia Laila Nuraliffialaila963@gmail.com06020320021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsulmaarif@uinsby.ac.id2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Guru
Kepala Sekolah
Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah; Kinerja Guru; Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aliffia Laila Nur Hidayah
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:02
Last Modified: 20 Mar 2024 01:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69018

Actions (login required)

View Item View Item