Pengaruh supervisi akademik terhadap mutu pembelajaran Madrasah Tsanawiyah se-Surabaya Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Rika Miftakhul (2024) Pengaruh supervisi akademik terhadap mutu pembelajaran Madrasah Tsanawiyah se-Surabaya Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Miftakhul Nikmah_06030320062 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rika Miftakhul Nikmah_06030320062 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap mutu pembelajaran di MTs se- Kota Surabaya Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian menggunakan Teori Glickman yang menyatakan bahwasanya supervisi akademik berpengaruh terhadap mutu pembelajaran. Penelitian ini melibatkan seluruh Madrasah Tsanawiyah se-Surabaya Selatan, yang terdiri dari tujuh sekolah: MTs Badrussalam, MTs Ittaqu, MTs Plus Himmatun Ayat, MTs Unggulan Pondok Pesantren Amanatul Ummah, MTs Al-Ikhlas, MTs At-Tauhid, dan MTs Badrussalam. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Dari kelima sekolah, MTs Budi Dharma, MTs Al-Ikhlas, dan MTs At-Tauhid tidak memenuhi kriteria. Populasi penelitian ini adalah guru MTs se-Surabaya Selatan, diambil sampel sebanyak 30 guru dari total 102. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan supervisi akademik berpengaruh terhadap mutu pembelajaran dengan presentase 77,8%. Dengan berdasar pada nilai signifikansi dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima, sehingga dapat diartikan Supervisi Akademik (X) berpengaruh terhadap Mutu Pembelajaran (Y) Madrasah Tsanawiyah se-Surabaya Selatan. Berdasarkan nilai t, diketahui nilai t hitung sebesar 9,898. Nilai t tabel pada penelitian ini adalah 2,048 sehingga mendapatkan nilai 9,898 > 2,048. Kemudian disimpulkan bahwa Supervisi Akademik (X) berpengaruh terhadap Mutu Pembelajaran (Y) Madrasah Tsanawiyah se-Surabaya Selatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Rika Miftakhulrikamiftahun@gmail.com06030320062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan
Keywords: Supervisi akademik; Mutu Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rika Miftakhul Nikmah
Date Deposited: 24 Mar 2024 02:09
Last Modified: 24 Mar 2024 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69062

Actions (login required)

View Item View Item