This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Istiqomah, Ilmi (2024) Pengaruh kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ilmi Istiqomah_06040120081 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmi Istiqomah_06040120081 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 March 2027. Download (4MB) |
Abstract
Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah aktivitas yang didesain sesuai tujuan dan karakteristik Profil Pelajar Pancasila. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini mengkaji beberapa masalah, yakni: (1) Proses kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kota Mojokerto (2) Level kemampuan bernalar kritis dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ditinjau dari kriteria Waston Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA) pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kota Mojokerto (3) Pengaruh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan field research. Data yang terkumpul berbentuk angket dan tes untuk mengukur dimensi bernalar kritis siswa yakni Watson Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA) Test. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah uji regresi linear berganda untuk mengukur seberapa besar pengaruh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berhasil dilaksanakan dengan baik yakni berada pada kategori sedang dengan peningkatan pengetahuan sebesar 69.14%, partisipasi aktif 70.42%, pembentukan karakter 69.57%, peningkatan keterampilan 70%, dan pengaruh positif sebesar 70.21% (2) Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI berhasil meningkatkan nalar siswa dalam berpikir kritis terutama dalam penarikan kesimpulan, pengenalan asumsi, deduksi, interpretasi, dan evaluasi argumen dengan hasil pretest dan postest yang mengalami peningkatan dari 70,21% menjadi 75,53% dengan perolehan nilai rata-rata pada kategori sedang (3) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan dimensi bernalar kritis pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kota Mojokerto. Hasil analisis regresi linear berganda kelima variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 87,6% variasi dalam variabel terikat dapat dijelaskan oleh variabel bebas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Islam dan Ilmu Pengetahuan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi Pendidikan > Pendidikan - Karakter Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Pengaruh; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Bernalar Kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ilmi Istiqomah | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:49 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69109 |
Actions (login required)
View Item |