Implementasi nilai sufistik kitab Ta’lim Muta’alim terhadap pembentukan akhlak Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Muttaqin Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmatulloh, Syaifuddin (2024) Implementasi nilai sufistik kitab Ta’lim Muta’alim terhadap pembentukan akhlak Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Muttaqin Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaifuddin Rochmatulloh_07020620060 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Syaifuddin Rochmatulloh_07020620060 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mencoba menjelaskan bagaimana santri Pondok Pesantren Roudlotul Muttaqin Lamongan membentuk karakternya melalui integrasi cita-cita Ta'lim Muta'alim ke dalam kurikulumnya. Berawal dari kekhawatiran dan kegagalan fenomenal penerapan pendidikan akhlak dalam pengajaran bekas sekolah negeri. Tujuan pemindahan pendidikan akhlak pesantren adalah menciptakan budaya lulus sekolah membiasakan diri dengan nilai-nilai positif yang ada di sekolah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Apa saja kandungan nilai-nilai Sufistik pada Kitab Ta’lim Muta’alim dan Implementasi Nilai Sufistik Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim Terhadap Pembentukan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Roudlotul Mutattaqin Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode observasi model kualitatif studi Research sehingga data yang dipakai dalam observasi mencakup penelitiaan terdahulu, literatur yang sudah ada yang berarti penelitian dapat mengambil referensi dari perpustakaan. Kitab "Ta'lim Muta'alim" adalah salah satu kitab yang banyak dipelajari di pondok pesantren, terutama dalam konteks pendidikan keislaman. Nilai sufistik yang terkandung dalam kitab ini mencakup ajaran-ajaran yang bersifat mistik, spiritual, dan mendalam. Kitab ini menjadi sarana penting dalam membentuk individu Muslim yang lebih baik dari segi spiritual dan moral. Yang pertama, pelaksanaan pembelajaran Kitab Ta'lim Muta’alim di Pondok Pesantren Roudlotul Muttaqin Lamongan memiliki tujuan utama untuk membentuk etika belajar santri. Metode pembelajaran yang digunakan, seperti bandongan, wetonan, dan sorogan, memberikan dasar bagi para santri dalam menuntut ilmu agama dan pengetahuan serta mempraktikkan dan mengamalkannya. Yang kedua, juga ada nilai-nilai sufistik yang terbantuk menjadi akhlak yang tidak jauh juga dari implemetasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmatulloh, SyaifuddinRochmatullohsyaifuddin@gmail.com07020620060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@uinsby.ac.id0704067302
Subjects: Tasawuf
Keywords: Kitab Ta’lim Muta’alim; Nilai Sufistik; Akhlak Santri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: SYAIFUDDIN ROCHMATULLOH SUNAN
Date Deposited: 21 Mar 2024 12:44
Last Modified: 21 Mar 2024 12:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69115

Actions (login required)

View Item View Item