This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fajar, Moch. Ilyas Kurnia (2024) Implememtasi pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kuriukulum Merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Era Disrupsi di SMAN 1 Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Moch. Ilyas Kurnia Fajar_06030120060 OK.pdf Download (538kB) |
|
Text
Moch. Ilyas Kurnia Fajar_06030120060 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 22 March 2027. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses, serta evaluasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata Pelajaran PAI di era disrupsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran berdifferensiasi relevan dengan tantangan era disrupsi di mana telah terjadi pergeseran peran guru tidak lagi sebagai sumber utama pembelajaran. Guru harus mendorong siswa sebagai peran utama dalam pembelajaran sehingga semua siswa dapat berkembang sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa. Dengan pembelajaran berdifferensiasi semua siswa mengalami pembelajaran karena lingkungan aman, siswa merasa nyaman jika melakukan kesalahan, mereka merasa diterima, dan pemberian umpan balik. Dengan demikian pembelajaran lebih bermakna dan semua siswa mengalami kemajuan dalam pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan keunikan setiap siswa. prinsip belajar berdiferensiasi, yaitu: 1) lingkungan belajar, artinya melihat bagaimana keadaan kelas atau tempat belajar siswa; 2) penilaian berkesinambungan, artinya memeriksa kesiapan siswa dalam belajar; 3) pembelajaran responsif, artinya guru dapat mengetahui tipe-tipe siswa yang berbeda dan di mana mereka memerlukan bantuan; dan 4) rutinitas kelas, yang berarti seberapa baik siswa belajar dengan bimbingan guru. Pembelajaran berdifferensiasi relevan dengan tantangan era disrupsi di mana telah terjadi pergeseran peran guru tidak lagi sebagai sumber utama pembelajaran. Guru harus mendorong siswa sebagai peran utama dalam pembelajaran sehingga semua siswa dapat berkembang sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa. Dengan pembelajaran berdifferensiasi semua siswa mengalami pembelajaran karena lingkunngan aman, siswa merasa nyaman jika melakukan kesalahan, mereka merasa diterima, dan pemberian umpan balik. Dengan demikian pembelajaran lebih bermakna dan semua siswa mengalami kemajuan dalam pembelajaran sesui dengan kemampuan dan keunikan setiap siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum | ||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi; PAI dan Budi Pekerti; Era disrupsi. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Moch. Ilyas Kurnia Fajar | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:25 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69119 |
Actions (login required)
View Item |