This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rizkiyah, Lailil (2024) Pengaruh penerapan kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Lailil Rizkiyah_06040120084 ok.pdf Download (4MB) |
|
Text
Lailil Rizkiyah_06040120084 full.pdf Restricted to Repository staff only until 20 March 2027. Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan dipandang memiliki peran yang sangat penting untuk generasi yang akan datang. Apalagi di era modern ini, yang ditandai dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Nah, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membawa dampak positif maupun negatif. Salah satu contoh dampak negatifnya yaitu krisis akhlaq dikalangan pelajar maupun remaja. Untuk mengatasi hal ini, maka pemerintah kota mojokerto membuat suatu peraturan yang tertuang dalam perwali No. 119 tahun 2016, tentang penerapan Kurikulum Kecakapan Dasar keagamaan (KDK). Meskipun Kurikulum Kecakapan Dasar keagamaan (KDK) telah diterapkan, perlu dilakukan kajian lebih lanjut untuk memahami sejauh mana pengaruhnya terhadap kecerdasan spiritual peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk 1) mengetahui penerapan penerapan Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto, 2) mengetahui kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto, 3) mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai metode penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto, Jl. A. Yani No. 15, Kelurahan Purwotengah, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan beberapa uji statistik, diantaranya uji validitas yang digunakan sebagai standar untuk menilai kevalidan setiap pernyataan yang digunakan dalam penelitian, uji reliabilitas yang digunakan untuk menaksir konsistensi kuisioner dalam suatu indikator, uji normalitas yang digunakan untuk mengetahui apakah nilai resisual berdistribusi normal atau tidak, regresi linear sederhana yang digunakan untuk menguji pengaruh antar variabel, dan uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui adakah pengaruh antara variabel dependen dan variabel independen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil, 1) Penerapan Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto memiliki rata-rata skor yang berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 71,9% dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 dari 32 orang peserta didik, 2) Kecerdasan spiritual peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kota Mojokerto berada pada kategori sedang yaitu dengan presentase 75% dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 dari keseluruhan jumlah sampel yang diteliti, 3) Pengaruh Penerapan Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto memiliki hubungan yang kuat. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji hipotesis korelasi product moment yakni diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penerapan Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||||||||
Keywords: | Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK); kecerdasan spiritual | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Lailil Rizkiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:23 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69128 |
Actions (login required)
View Item |