This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Homsiyah, Homsiyah (1999) Studi tentang pelaksanaan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam pada Kelas II di SLTP Negeri 3 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (966kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: sejauh mana pelaksanaan cara belajar siswa aktif dalam proses belajar-mengajar bidang studi PAI untuk kelas II di SLTP negeri 3 waru tahun ajaran 1997/1998, bagaimana hasil belajer yang dicapai oleh siswa-siswa kelas II di SLTP tersebut Dengan diterapkannya CBSA dalam proses belajar mengajar dalam bidang studi PAI tahun 1997/1998, apakah faktor penunjang dan penghambat pelaksanaan CBSA dalam proses belajar mengajar pada bidang studi PAI untuk kelas II di SLTP tersebut. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini yaitu populasinya terdiri dari semua siswa kelas II SLTP tersebut sebanyak 240 siswa, sampelnya diambil 20% dari jumlah populasi sehingga jumlahnya sebanyak 50 siswa dengan system random sampling, teknik Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedang metode analisis datanya menggunakan teknik analisis kuantitaif dan kualitatif dengan memakai rumus statistik. Dari hasil penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) Pelaksanaan CBSA dalam proes belajar mengajar pada bidang studi PAI untukr kelas II di SLTP Negeri Waru Sidoarjo tahun ajaran 1997/1998 dapat dikategirikan cukup. Hal ini terbukti dengan hasil analisis yang bernilai 70%, jika prosentase tersebut jika dikonsultasikan dengan standar yang diajukan oleh DR. Suharsini Arikuunto berada antara 56-75%: yanq brerarti cukup. (2) Hasil belajar siswa klas I I SLTP tersebut dalam bidang studi PAI adaIah termasuk dalam kreteria cukup (normal). Hal ini terbukti dengan analisis nilai rata-rata yang menghasilkan 72, jika hal ini dikonsultasikan dengan kriteria yang digunakan oleh wayan Nlur Kancana dan P.P.N. Sumarana, maka berada diantara 55-74 yang berarti normal. (3) Faktor-faktor penunjang dan penghambat CBSA dalam proses belajar mengajar bidang studi PAI di SLTP tersebut yaitu: a)- Faktor penunjang yaitu adanya kesadaran guru PAI akan perlunya pembaharuan dalam strategi belajar mengajar sehingga timbul adanya semangat untuk selalu memperbaiki perannya sebagai sosok guru yanq terampiI menerapkan CBSA. b)- Adapun faktor penghambatnya adalah: a)- Belum adanya fasilitas yang lengkap untuk pelajaran dan alat peraganya. b)- Waktu yang diberikan dalam pelajaran PAI dirasa masih kurang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Tadjuddin Thalabi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Cara belajar siswa aktif; Pendidikan agama islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2016 06:31 | ||||||
Last Modified: | 29 Sep 2021 12:42 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6920 |
Actions (login required)
View Item |