This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fathin, Ahmad Fikrul (2024) Dispersi konsentrasi karbon monoksida (CO) di kawasan Pertigaan Tenger Kabupaten Gresik dengan pendekatan gaussian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ahmad Fikrul Fathin_09020520021 ok.pdf Download (8MB) |
|
Text
Ahmad Fikrul Fathin_09020520021 full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 March 2027. Download (7MB) |
Abstract
Kendaraan bermotor semakin meningkat jumlahnya seiring dengan bertambahnya populasi dan berkembangnya industri. Peningkatan kendaraan bermotor akan menyebabkan kemacetan di titik-titik pertemuan jalan, seperti di pertigaan Tenger. Pertigaan Tenger Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik termasuk kategori jalan nasional yang sering mengalami kemacetan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan polutan karbon monoksida (CO) yang paling banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Oleh karena itu, diperlukan model prediksi konsentrasi CO untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pemodelan CO dengan metode Gaussian di Pertigaan Tenger, menganalisis pola sebaran CO di Pertigaan Tenger dan memvalidasi hasil model Gaussian dengan hasil data lapangan menggunakan rumus IOA, FB dan NMSE. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel konsentasi CO, Jumlah kendaraan bermotor, kecepatan kendaraan bermotor, kecepatan angin dan intensitas cahaya. Pemodelan dilakukan menggunakan metode Gaussian sedangkan pola sebaran menggunakan software MATLAB. Validasi hasil pemodelan dengan data pengambilan langsung dilakukan dengan validasi model IOA, FB dan NMSE. Analisi hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil pemodelan tertinggi adalah 33.763 μg/m3 pada hari senin pagi, sedangkan nilai terendah sebesar 14.418 μg/m3, pada hari minggu sore. Pola sebaran paling jauh pada hari jumat dengan sebaran sejauh 50 m kearah tenggara dan yang terpendek 40 m kearah selatan pada hari Minggu. Hasil validasi model dan data langsung menunjukkan kesesuaian antara keduanya. Hasil validasi IOA sebesar 83,59%, FB sebesar 0,00919 dan NMSE sebesar 0,00009. Ketiganya menunjukkan kesesuaian model dengan data langsung sesuai dengan kriterianya masing-masing.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Lalu Lintas Teknik Lingkungan |
||||||||||||
Keywords: | CO; gaussian; kendaraan bermotor; pola sebaran | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan | ||||||||||||
Depositing User: | Ahmad Fikrul Fathin | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2024 04:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2024 04:52 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69248 |
Actions (login required)
View Item |