This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmah, Iftakhur (2024) @kursusarab فعالية تطبيق الفيديو القصير على المحتوى تيك توك لترقية مهارة الكلام لطلاب الصف التاسع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ١ موجوكرطا - Efektivitas penerapan media Short Video berbasis penggunaan konten Tiktok @kursusarab dalam meningkatkan Maharah Kalam siswa Kelas IX MTsN 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Iftakhur Rohmah_06040220076 ok.pdf Download (3MB) |
|
Text
Iftakhur Rohmah_06040220076 full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 March 2027. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas Penerapan Media “Short Video” Berbasis Penggunaan Konten Tiktok @kursusarab dalam Meningkatkan Maharah Kalam Siswa Kelas IX MTsN 1 Mojokerto.” Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas 9 MTsN 1 Mojokerto. 2) Untuk mengetahui pembelajaran berbasis penggunaan konten Tiktok @kursusarab dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 9 MTsN 1 Mojokerto. 3) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis penggunaan konten Tiktok @kursusarab dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 9 MTsN 1 Mojokerto. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 siswa dari kelas IX B. Metode analisis yang digunakan adalah rumus T-Test menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian yang diperoleh seperti berikut: 1) Keterampilan Maharah Kalam siswa sebelum mendapat perlakuan memperoleh rata-rata 71,28 dengan banyak jumlah siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. 2) Penerapan video pendek berbasis konten Tiktok @kursusarab materi “Pencipta Alam” dilakukan dengan siswa menonton konten video yang diambil dari akun tersebut, kemudian siswa membuat rekaman cerita berupa ta’bir syafawi sesuai dengan tema yang dipelajari. 3) Penggunaan konten video pendek yang diambil dari akun Tiktok @kursusarab terbukti efektif untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas IX B MTsN 1 Mojokerto dengan perolehan nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa taraf signifikansi ꭤ = 0,05 (5 %). Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran berbasis Short Video; konten Tiktok @kursusarab; maharah Kalam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Iftakhur Rohmah | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2024 15:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2024 15:36 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69305 |
Actions (login required)
View Item |