This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rois, Ali (1999) PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI I KRIAN. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (860kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (548kB) | Preview |
Abstract
Bagaimanakah proses berlangsungnya belajar mengajar pendidikan agama Islam di SMU Negeri I Krian, faktor-faktor apa saja yang menghambat kelancaran proses belajar mengajar tersebut, bagaimanakah cara guru agama di SMU Negeri I dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Adapun penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif. Jenis datanya berupa data deskriptin, dokumen-dokumen pribadi, catatan-catatan lapangan. Sumber datanya berupa orang (nelalui wawancara), tempat (melalui observasi), dan simbol (melalui dokumentasi). Teknik analisa datanya dilakukan dengan mencari dan menata secara sistimatis dari catatan hasil observasi, wawancara dan lainnya. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan: (1) proses belajar mengajar PAI di SMU Negeri I Krian berjalan dengan baik, karaena: a) sebelum mengajar guru menyiapkan perangkat-perangkat mengajat, mengecek siswa, mengadakan oppersepsi, dan memberikan kesempetan bertanya terkait dengan materi pendidikan, b) saat mengajar guru menyampaikan yang disesuaikan dengan metodenya, c) sesudah mengajar guru mengadakan evaluasi terkait dengan pemahaman siswanya, (2) faktor-faktor penghambat atau yang sering menjadikan kesulitan dalam proses belajar mengajar antara lain: a) ktidak hadiran guru dan keterlambatannya, b) kemampuan siswa yang berbeda, kebiasaan buruk siswa yang bisa membuat kegaduhan dalam kelas, c) lingkungan siswa yang tidak mendukung penanaman nilai-nilai agama, dan untuk mengatasinya yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan, d) masalah bahan pelajaran yaitu antara waktu dan jumlah materi pelajaran yang tidak seimbang, cara mengatasinya memberikan tugas-tugas pelajaran kepada siswa, e) masalah evaluasi, terdapat siswa yang tidak jujur dalam mengikutinya, dan untuk mengatasinya yaitu dengan membagi dua kelompok dalam satu kelas sehingga mempersempit siswa untuk melakukan ketidakjujuran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A.Z. Fanani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | Belajar mengajar; pendidikan islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2016 03:28 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2016 03:29 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6940 |
Actions (login required)
View Item |