This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmadani, Shofi (2024) Penerapan Strategi Know – Want To - Learn (KWL) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik Lambat Belajar (Slow Learner) Kelas V MI Al-Hidayah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Shofi Rahmadani_06040720091 OK.pdf Download (2MB) |
|
Text
Shofi Rahmadani_06040720091 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 April 2027. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik lambat belajar (slow learner). Peserta didik memiliki hambatan dalam kegiatan membaca pemahaman karena dipengaruhi oleh beberapa faktor internal maupun faktor eksternal. Kurangnya minat dan motivasi belajar juga mempengaruhi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru hingga mengakibatkan penurunan pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan strategi Know-Want to-Learn dapat meningkatkan Kemampuan membaca pemahaman peserta didik lambat belajar slow learner. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) untuk megetahui penerapan strategi Know-Want to-Learn (KWL) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik lambat belajar (slow learner) kelas V di MI Al-Hidayah Surabaya. 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman peserta didik lambat belajar (slow learner) kelas V di MI Al-Hidayah Surabaya dengan menggunakan strategi Know-Want to-Learn (KWL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain dan teori dari Kemmis dan Mc. Taggart yang mempunyai tahapan: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Al-Hidayah Surabaya. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendekatan strategi KWL dalam materi karakteristik Indonesia sebagai negara maritim/agraris dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 75 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 95. 2) peningkatan hasil belajar pada materi karakteristik Indonesia sebagai Negara maritim/agraris dengan menggunakan strategi Know-Want to-Learn (KWL) dapat dilihat dari nilai rata-rata seluruh peserta didik siklus I yaitu 66,67 mengalami peningkatan menjadi 80,83 pada siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kecerdasan Kecakapan Keterampilan Psikologi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Strategi Know-Want to -Learn (KWL); Kemampuan Membaca Pemahama; SLow Learner; IPS | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Shofi Rahmadani | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Apr 2024 03:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Apr 2024 03:13 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69413 |
Actions (login required)
View Item |