Pengembangan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 MI Al-Hidayah Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Washilah, Haadiyatan (2024) Pengembangan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 MI Al-Hidayah Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haadiyatan Washilah_06040720076 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Haadiyatan Washilah_06040720076 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dengan tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi peserta didik kelas 1 MI Al-Hidayah Wonocolo Surabaya lebih termotivasi saat pembelajaran membaca menggunakan media papan flannel. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media papan flannel. (2) Mendeskripsikan kevalidan hasil pengembangan media Papan Flannel. (3) Mendeskripsikan kepraktisan hasil pengembangan media Papan Flannel. (4) Mendeskripsikan keefektifan hasil pengembangan media Papan Flannel. Metode yang digunakan peneliti yaitu penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) untuk menghasilkan produk tertentu serta untuk menguji kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan produk. Metode oenelitian yang dilakukan penulis menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan) , Implementation (implementasi), and Evaluation (evaluasi). Instrumen untuk mengumpulkan data yang digunakan yaitu catatan lapangan, lembar validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa media papan flannel valid menurut validator ahli media dengan nilai sebesar 80% dikatakan dalam kategori valid. Sedangkan menurut ahli materi mendapatkan nilai sebesar 92.8 % dikatakan dalam kategori sangat valid. Untuk kepraktisan media papan flannel menutut guru kelas 1 mendapatkan presentase sebesar 81,8 % dikatakan sangat praktis. Untuk keefektifan penggunaan media papan flannel memberi peningkatan terhadap hasil belajar membaca peserta didik sebesar 27,14 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Washilah, HaadiyatanWashilah29@gmail.com06040720076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Bahasa Indonesia
Linguistik
Keywords: Pengembangan; Papan Flannel; Pembelajaran Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: haadiyatan washilah
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:19
Last Modified: 02 Apr 2024 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69418

Actions (login required)

View Item View Item