Minat orang tua menyekolahkan anaknya ke madrasah: studi multi situs di Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo dan Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Tratee Putera Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wakhi, Wakhi (2022) Minat orang tua menyekolahkan anaknya ke madrasah: studi multi situs di Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo dan Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Tratee Putera Gresik. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wakhi_01040120017.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Wakhi_01040120017_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan madrasah merupakan bagian pendidikan nasional yang memiliki kontribusi besar dalam pembangunan dan kebijakan pendidikan nasional. Madrasah telah memberikan sumbangan sangat signifikan dalam proses pencerdasan masyarakat dan bangsa, khususnya dalam konteks perluasan akses dan pemerataan pendidikan. Dalam konteks kekinian, image madrasah telah berubah dan sudah banyak memiliki kemajuan, sehingga menarik minat masyarakat memasukkan anaknya ke madrasah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis lebih mendalam: (1) Kualitas isi dan proses pendidikan, (2) Minat orang tua menyekolahkan anaknya ke Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo dan Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Tratee Putera Gresik. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian: (1) Kualitas Isi adalah sangat baik dengan indikator (a) guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan sisiwa, (b) kepala madrasah bersama guru mengembangkan kurikulum dan melaksanakannya, (c) madrasah mengembangkan perangkat pendidikan agama dan budi pekerti serta perangkat pembelajaran tematik terpadu; Standar proses pendidikan juga sangat baik dengan indikator (a) madrasah mengembangkan silabus dan RPP, (b) guru melakukan pengelolaan kelas, (c) guru menggunakan metode dan model pembelajaran serta memanfaatkan hasil penilaian otentik, (d) kepala madrasah melakukan supervisi kelas dan menindaklanjuti hasil supervisi; (2) Minat orang tua menyekolahkan anaknya ke madrasah ibtidaiyah adalah sangat bagus terlihat dari: (a) prestasi akademik siswa, (b) madrasah berstandar Internasional (cambridge education), (c) banyak pilihan kelas (reguler, tahfidz, ICP), (d) kesadaran menjalankan ibadah sholat lima waktu dengan baik, (e) agar menjadi anak yang shaleh dan berakhlakul karimah, (f) dapat membaca dan menulis al Qur’an dengan baik dan benar, (g) madrasah bilingual, (h) fulday school (i) Madrasah berbasis Islam, berpaham ahlussunnah wal jamaah milik NU, dan (j) output yang berkualitas serta pengembangan pengetahuan dan akhlakul karimah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wakhi, Wakhiwakhi70@gmail.com01040120017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Anak
Minat Siswa
Orang tua dan Anak
Keywords: Minat; orang tua; anak; madrasah
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Wakhi Wakhi
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:10
Last Modified: 03 Apr 2024 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69443

Actions (login required)

View Item View Item