This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nada, Nadiyah Qothrotun (2024) Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan konflik antar guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Syafi'i Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nadiyah Qothrotun Nada_06020320044 full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 April 2027. Download (3MB) |
|
Text
Nadiyah Qothrotun Nada_06020320044.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan mengenai kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan konflik antar guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Syafi’i Sidoarjo, yang mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah, mendeskripsikan pengelolaan konflik antar guru, mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan konflik antar guru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru senior, dan guru junior di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Syafi’i Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Syafi’i Sidoarjo menerapkan kepemimpinannya dengan fungsi pokok dari kepemimpinan. Dalam kepemimpinannya, pemimpin mempunyai kemampuan dalam menggerakkan warga sekolah dalam upaya mencapai tujuan madrasah, membimbing dan memberi masukan, bekerja dengan efektif dan stabil, berkontribusi partisipatif dalam segala kegiatan yang ada di madrasah, membangun kerjasama dan komunikasi yang baik, serta mampu mendelegasikan tugas sesuai dengan keahlian dan porsinya. 2) Pengelolaan konflik antar guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Syafi’i Sidoarjo tergolong baik. Bermacam strategi atau metode digunakan dalam pengelolaan konflik disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Dalam pelaksanaan pengelolaan konflik antar guru di MI Nurus Syafi’i Sidoarjo diterapkan komunikasi yang efektif, pemecahan masalah yang terjadi, dan juga melakukan negosiasi dengan tujuan menyelesaikan permasalahan sedini mungkin. 3) Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan konflik antar guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Syafi’i Sidoarjo dapat memberi dampak positif bagi organisasi pula menghindari atau memperkecil kemungkinan dampak negatif yang akan terjadi bagi madrasah. kepala madrasah sebagai pemimpin dapat membantu para guru dalam mengelola konflik fase awal diantara para guru ketika sebelumnya belum mampu diselesaikan secara pribadi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Kepemimpinan |
||||||||||||
Keywords: | Kepemimpinan; kepala Madrasah; konflik antar guru | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nadiyah Qothrotun Nada | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2024 07:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Apr 2024 07:31 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69516 |
Actions (login required)
View Item |