Peningkatan perkembangan berbicara anak menggunakan media flashcard di kelompok B1 RA al Qodir Wage Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Shiyanatun (2024) Peningkatan perkembangan berbicara anak menggunakan media flashcard di kelompok B1 RA al Qodir Wage Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shiyanatun Nisak_06010920010 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Shiyanatun Nisak_06010920010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini adalah 19 anak yang belum berkembang pada kemampuan berbicaranya di kelompok B1 RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo. Masalah tersebut disebabkan karena kurang efektifnya guru dalam memberikan stimulasi-stimulasi untuk perkembangan berbicara anak. Ditambah lagi dengan faktor kesibukan pekerjaan orang tua sehingga berkurangnya interaksi antara anak dengan orang tua. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Memberikan inovasi pembelajaran untuk aspek perkembangan berbicara tentang penggunaan media menarik berbentuk flashcard di kelompok B1 RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo. (2) Meningkatkan kualitas perkembangan berbicara anak dengan menggunakan flashcard di kelompok B1 RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo.Metode penelitian yang digunakan penulis adalah PTK dengan menggunakan model Kurt Lewin dengan subjek peneilitian yaitu anak-anak di kelompok B1 yang berjumlah 28 anak di RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo. Kegiatan penelitian yang dilaksanakan meliputi dua siklus dengan empat tahapan : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Pengumpulan data diperoleh peneliti dengan wawancara, observasi guru dan anak, penilaian perkembangan berbicara, dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi : (1) Peningkatan pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 61,36 (Baik) menjadi 94,31 (Sangat Baik) pada siklus II. (2) Peningkatan pada hasil observasi aktivitas anak pada siklus I dengan nilai 58,75 (Baik) menjadi 90 (Sangat Baik) pada siklus II. Meningkatnya perkembangan berbicara anak dengan menggunakan media flashcard pada pada siklus I menjadi 57,8 (Baik) kemudian pada siklus II menjadi 81,05 (Sangat Baik) dengan peningkatan 23,25%. Keberhasilan anak juga dibuktikan dengan presentase pada siklus I menjadi 67,85 (Baik), pada siklus II menjadi 92,85% (Sangat Baik) dengan peningkatan 25%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Shiyanatunshiyanatunisaksiana@gmail.com06010920010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Anak
Pendidikan
Keywords: Perkembangan berbicara anak; media flashcard; kelompok Paud
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Shiyanatun Nisak
Date Deposited: 17 Apr 2024 06:54
Last Modified: 17 Apr 2024 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69657

Actions (login required)

View Item View Item