This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Amelia Nabila (2024) Efektivitas model pembelajaran creative problem solving (CPS) bermuatan ilmu keislaman terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA materi getaran di SMP Negeri 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Amelia Nabila Putri_06041020026 OK.pdf Download (548kB) |
|
Text
Amelia Nabila Putri_06041020026 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 April 2027. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah IPA karena pembelajaran yang dilakukan masih belum dimaksimalkan. Maka dari itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving bermuatan ilmu keislaman dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini, yaitu: mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving bermuatan ilmu keislaman dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan pemecahan masalah IPA, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental design yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Surabaya. Teknik yang digunakan untuk penentuan sampel yaitu Simple Random Sampling dan mendapatkan kelas VIII F dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif, statistik, dan analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CPS bermuatan ilmu keislaman efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA yang dibuktikan dengan: (1) Keterlaksanaan pembelajaran melalui aktivitas guru maupun peserta didik dengan model Creative Problem Solving bermuatan ilmu keislaman materi getaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Surabaya terlaksana dengan sangat baik. (2) Model Pembelajaran Creative Problem Solving bermuatan ilmu keislaman materi getaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA. Hal ini terlihat dari skor N-Gain sebesar 0,7498 dengan kategori tinggi. (3) Respon peserta didik positif terhadap keterlaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving bermuatan ilmu keislaman materi getaran, dimana 28 peserta didik mengkategorikan sangat baik dan 3 peserta didik mengkategorikan baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Fisika Pendidikan Pendidikan > Penelitian Penelitian |
||||||||||||
Keywords: | Creative Problem Solving; Kemampuan Pemecahan Masalah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Amelia Nabila Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2024 07:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Apr 2024 07:54 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69687 |
Actions (login required)
View Item |