This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
yanny, Linda (1999) STUDI TENTANG EFEKTIFITAS METODE BERMAIN, CERITA MENYANYI (BCM) SEBAGAI METODE PENGAJARAN DIENUL ISLAM DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN AL MUTTAQIN DESA SEDATI GEDE SIDOARJO. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (801kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (338kB) | Preview |
Abstract
Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana metode pengajaran Dienul Islam di TPA Al-Muttaqin, bagaimana pelaksanaan metode bermain, cerita, menyanyi di TPA Al-Muttaqin, sejauhamana efektifitas metode bermain, cerita menyanyi sebagai metodepengajaran Dienul Islam di TPA Al-Muttaqin. Adapun metode penelitian yang pakai dalam penulisan skripsi ini dengan populasi yang terdiri dari seluruh santri TPA al Muttaqun berjumalah 150, adapun jumlah sampel penelitian ini adalah 20% dari jumalah populasi yaitu:
_20_ x 150 =30 santri
100
dengan menggunakan teknik randon sampling (dengan cara undian). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, doukumentasi dan melalui teknik tes. Sedangkan analisa datanya menggunakan pendekatan kantitatif yaitu dengan pendekatan statistik dimana mencari nilai rata-rata dari data yang didapat dari rumus. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) metode pengajaran Dineul Islam yang digunakan di TPA Al-Muttaqin adalah dengan metode ceramah, demonstrasi, pemberian tugas balajar, karyawisata, drillllxihan dan metode bermain, cerita, menyanyi (BCM), 92). secara teknik operasional BCM di TPA Al-Muttaqin tidak jauh berbeda dengan operasional BCM secara umum, artinya sebelum BCM itu dikerjakan, ustadz/ah menunjukkan teknik pelaksanaanya, bila BCM tersebut memang ada aturan mainnya sendiri. Seperti mengajarkan bermain, cerita dan menyanyi pada anak-anak baik di TK maupun di play group mulai trend saat ini. Adapun yang membedakan disini hanya terletak pada materi BCM-nya. BCM yang ada di TPA dioreintasikan pada penanaman nilai-nilai agama pada anak, jadi lebih spesifik ke arah religius, dengan kata lain materi agama mendominasi dalam kegiatan tersebut dari pada pengetahuan umum. Dengan kecenderungan dan minat yang besar santri TPA Al-Muttaqin terhadap macam-macam permainan, cerita dan musik / lagu, sangat dapat membantu ustadz/dah. Dengan demikian BCM sangat efektif yang dijadikan metode dalam pengajaran Dienul Islam bagi anak, (3) berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa metode bermain, cerita, menyanyi (BCM) efeldf untuk dijadikan sebagai metode pengajaran Dienul Islam.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Syahid | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Al Qur'an Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||
Keywords: | Bcm; pendidikan al-quran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 02:30 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2016 02:30 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6993 |
Actions (login required)
View Item |