This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zamroni, Lukis (1999) STUDI TENTANG UPAYA GURU AGAMA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTPN I SIDOARJO. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (942kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (382kB) | Preview |
Abstract
Persoalan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana latar belakang pendidikan guru agama di SLTPN I Sidoarjo, bagairnana pula pengajaran pendidikan agama Islam, serta bagaimana upaya guru agama dalam peningkatan kualitas pengajaran pendidikan agama Islam. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan menggunakan metode penelitian populasi karena yang diteliti adalah semua guru agama yang berjumlah 4 orang. Sedangkan jenis, sumber, dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik interview, dokumentasi dan observasi. Sedang analisa datanya bahwa data yang terkumpul kemudian diolah secara kualitatif' diskriptif yaitu keseluruhan prinsip yang ada dalam suatu sumber diuraikan dan dilukiskan kembai secara obyektif. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) guru agama di SLTP negeri I Sidoarjo mempunyai latar belakang pendidikan perguruan tinggi yaitu Fakultas Tarbiyah IAIN sunan Ampel Surabaya, Fakultas UNMUH Sidoarjo, UNSURI Surabaya, Fakultas Tarbiyah IAIN Malang, (2) pengajaran pendidikan agama Islam di SLTPN I memiliki beberapa komponen penunjang keberhasilaIan pen gaj aran PA I, komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut : a- tujuan pengajaran PAI di SLTPN I dirumuskan berdasarkan GBPP, b- materi pengajaran PAI di SLTPN I disesuaikan dengan yang biasa diterapkan oleh sekolah formal pada umumnya yaitu yang tertera pada GBPP, c- guru agama di SLTPN I dilihat dari segi keilmuannya, penguasaan metode pengajaran sudah cukup memadai, namun masih belum dapat secara optimal menerapkan berbagai metode, d- siswa di SLTPN I dalam menerima dan memahami pelajaran PAl sangatlah tinggi, terbuktinya adanya nilai rapot yang baik, e- metode pengajaran PAI yang digunakan di SLTPN I meliputi ceramah, diskusi, demontrasi, latihan, dan tanya jawab, pemberian tugas, f- media pengajaran PAI di SLTPN I yang digunakan adalah musholla, papan tulis, buku teks, LKS, perpustakaan, g- evaluasi hasil pengajaran PAI di SLTPN I dilakukan melalui tes formatif, cawu dan pemberian tugas, (3) upaya yang dilakukan oleh guru agama di SLTPN I dalam meningkatkan kualitas pengajaran pendidikan agama Islam melalui : 1- belajar mengajar di dalam kelas: persiapapan penyajian bahan pengajaran, pemakaian, 2- belajar mengajar di luar kelas: pemberian bimbingan, peringatan hari besar Islam, pemberian ceramah pada saat HBN, guru agama mengikuti penataran, sarasehan dan lain-Iain.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Kasijan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru |
||||||
Keywords: | Guru agama; kualitas pengajaran; pendidikan islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 02:40 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2016 07:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6995 |
Actions (login required)
View Item |