This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azis, Annisa Rahmania (2024) Pengaruh program sekolah ramah anak terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Annisa Rahmania Azis_06040120071.pdf Download (3MB) |
|
Text
Annisa Rahmania Azis_06040120071_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 27 May 2027. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas lebih dalam mengenai pengaruh Program Sekolah Ramah Anak terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMPN 1 Waru Sidoarjo. Fokus utama penelitian meliputi implementasi program, evaluasi dampaknya terhadap karakter siswa, dan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitasnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu”1) untuk mengetahui penerapan Program SRA di SMPN 1 Waru Sidoarjo, 2) untuk mengetahui karakter peserta didik kelas VII di SMPN 1 Waru Sidoarjo, 3) untuk mengetahui pengaruh Program SRA terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data, digunakan uji hipotesis statistik seperti uji F dan koefisien determinasi, serta analisis regresi untuk mengukur pengaruh Program Sekolah Ramah Anak terhadap karakter peserta didik. Analisis yang mendalam dilakukan untuk pemahaman yang komprehensif tentang dampak program secara statistik dan substansial. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1) Penerapan Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo mendapat predikat sangat baik dengan rata-rata variabel SRA mencapai 4,13 dari hasil angket. Ini menunjukkan upaya nyata sekolah dalam menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif dan adil, serta menolak segala bentuk diskriminasi. (2) Karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo menunjukkan tingkat positif dengan rata-rata tanggapan responden mencapai 3,99. Beberapa aspek seperti kemampuan membuat keputusan dan karakter disiplin perlu perhatian lebih. (3) Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII, hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t statistik sebesar 3.528 dengan signifikansi 0.001. Hal ini menegaskan bahwa program ini efektif dalam membentuk karakter siswa, serta memberikan kontribusi dalam pengembangan akhlak mulia, kompetensi, dan prestasi peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Anak Pendidikan > Pendidikan - Karakter Pendidikan > Pendidikan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Program sekolah ramah anak; karakter | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Annisa Rahmania Azis | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 May 2024 03:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 May 2024 03:01 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70247 |
Actions (login required)
View Item |