This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
As Syahid, Putri Zakia Amalia Choirun Nisa' Azzahra (2024) Efektivitas penerapan model pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP Negeri 1 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Putri Zakia Amalia Choirun Nisa' Azzahra As Syahid_06040120096 full.pdf Restricted to Repository staff only until 29 May 2027. Download (11MB) |
|
Text
Putri Zakia Amalia Choirun Nisa' Azzahra As Syahid_06040120096.pdf Download (12MB) |
Abstract
Putri Zakia Amalia Choirun Nisa’ Azzahra As Syahid, 06040120096; Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 1 Waru. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui 1) penerapan model pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK); 2) hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menerapkan model pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK); 3) hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah menerapkan model pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK); 4) efektivitas penerapan model pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Waru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni penelitian Quasi eksperimental design. Sampel penelitian sebanyak 66 peserta didik yang terdiri kelas VIII A dan VIII C SMP Negeri 1 Waru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni teknik observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yakni uji N-Gain, uji prasyarat analisis data (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK) cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Waru. Hasil belajar ditunjukkan dengan hasil pretest yang memperoleh jumlah nilai 2405 dengan nilai maksimal 100, nilai minimal 40 dan rata-rata 72,88. Sedangkan hasil belajar posttest memperoleh jumlah nilai 2565 dengan nilai maksimal 100, nilai minimal 40 dan rata-rata 77,73. Uji hipotesis menggunakan independent sample t test mendapatkan nilai Sig. 2 tailed sebesar 0,001 < 0,05, dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Uji N-Gain untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK) menujukkan nilai 63% yang termasuk kategori cukup efektif. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa kelas dengan menerapkan model pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK) efektif daripada menggunakan model pembelajaran konvensional atau tidak menggunakan model pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Model pembelajaran Visualitation, Audiotory, Kinesthetic (VAK); hasil belajar; peserta didik; Pendidikan Agama Islam; budi pekerti | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Putri Zakia Amalia | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 May 2024 03:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 May 2024 03:00 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70319 |
Actions (login required)
View Item |