Implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMPN 5 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadhani, Nur M. (2024) Implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMPN 5 Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur M. Rahmadhani_06010120015 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Nur M. Rahmadhani_06010120015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan life skill ialah kecakapan praktis yang digunakan guna membekali peserta didik untuk mengatasi berbagai macam permasalahan dalam pendidikan maupun kehidupan masyarakat serta mampu bersaing dan bertahan hidup dimasa mendatang, hal tersebut sejalan dengan tujuan pendidikan. Untuk mencapai hal ini, tentunya diperlukan pendidikan yang berfokus pada kecakapan hidup, disini Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) dipilih untuk diintegrasikan dengan kecakapan hidup, karena Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berusaha menghasilkan manusia yang benar-benar memiliki iman, ilmu, dan amal yang terintegritas. Oleh karenanya perlu adanya penelitian tentang Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (life skilli) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan mengambil setting tempat di SMP Negeri 5 Bojonegoro. Berdasarkan deskripsi singkat diatas ditemukan masalah yang akan diteliti antara lain; (1) Bagaimana desain pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti?; (2) Bagaimana implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti?; (3) Apa saja dampak dari implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti? Dalam penelitian ini, peneliti dengan menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, serta menekankan pada kekuatan observasi dilapangan secara langsung dan menganalisisnya dengan sumber-sumber yang sudah ada. Untuk mendapatkan hasil data yang akurat digunakan metode observasi, interview atau wawancara, serta dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa pendidikan kecakapan hidup dan pembelajaran PAI dan BP merupakan dua komponen yang penting, serta komponen tersebut diupayakan tercapai bersamaan dengan pencapaikan kecakapan yang bersumber pada pokok pelajaran PAI dan BP. Penelitian ini juga ditekankan untuk mengembangkan kecakapan personal dan kecakapan sosial peserta didik. Hal tersebut juga tidak lepas dari pendidik untuk selalu berusaha menggali potensi yang dimiliki masing-masing peserta didik baik pengetahuan ataupun keterampilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadhani, Nur M.nurmuhammadrahmadhani@gmail.com06010120015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Wajib Belajar
Keywords: Pendidikan; kecakapan hidup; pendidikan Agama Islam; budi pekerti; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur M. Rahmadhani
Date Deposited: 30 May 2024 07:08
Last Modified: 30 May 2024 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70353

Actions (login required)

View Item View Item