This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ummah, Risalul (2016) Peningkatan kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan pada mata pelajaran Matematika melalui metode Mengelilingi Narasumber (circle the sage) pada siswa Kelas III MI Nadlatul Ulama Sumokali Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftra Pustaka.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil wawancara awal dengan guru matematika kelas III MI Nadlatul Ulama Sumokali Sidoarjo, mata pelajaran matematiaka merupakan mata pelajaran yang paling sulit daripada mata pelajaran yang lain, guru masih mengunakan metode pembelajaran konvesional yakni ceramah pada materi pecahan. Sehingga siswa pasif, kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan. Sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan masih rendah. Hal tersebut dapat kita lihat dari hasil banyaknya siswa yang belum mencapi KKM 75. Salah satu alternatif yang digunakan dalam mengatasi rendahnya hasil kemampuan siswa mengunakan metode circle the sage. Dari latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode circle the sage pada mata pelajaran matematika siswa kelas III MI Nadlatul Ulama Sumokali Sidoarjo?. 2) Bagaimana peningkatan kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan pada mata pelajaran matematika melalui metode circle the sage pada siswa kelas III MI Nadlatul Ulama Sumokali Sidoarjo?. Penelitian mengunakan metode circle the sage sebagai alternatif pemecahan masalah di penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian mengunakan data kualitatif dan kuantitaf untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan mnyelesaikan operasi hitung pecahan. Penelitian ini mengunakan model Kurt Lewin dengan dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini ada 35 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 17 perempuan. Pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi guru dan siswa, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama, bahwa penerapan metode circle the sage siswa kelas III MI Nadlatul Ulama Sumokali Sidoarjo telah mengalami peningkatan yang terlihat pada siklus I observasi guru 85 dan siswa 70 sedangkan pada siklus II observasi guru 88 dan siswa 87. Kedua, bahwa peningkatan kemampuan menyelsaikan operasi hitung pecahan siswa kelas III MI Nadlatul Ulama Sumokali Sidoarjo pada materi pecahan meningkat. Hal tersebut ini dapat dilihat pada prosentase ketuntasan peeningkatan kemampuan menyelsaikan operasi hitung pecahan siswa pada siklus I mencapai 55% dengan rata-rata nilai kelas 73, sedangkan pada siklus II mencapai 79% dengan rata-rata nilai kelas 80
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Kemampuan; mengelilingi narasumber (Circle The Sage) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | risalul um risalul ummah risalul ummah | ||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:51 | ||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:33 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7043 |
Actions (login required)
View Item |