Pengaruh media teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V di MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murniati, Dini (2024) Pengaruh media teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Murniati_06040720072 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (10MB)
[img] Text
Dini Murniati_06040720072.pdf

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MINU Ngingas belum menggunakan media Teka-Teki Silang dalam proses pembelajaran kosakata. Di samping itu juga menunjukkan minimnya minat peserta didik dalam membaca mengakibatkan kurangnya pemahaman materi pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar. Selain itu, guru juga masih menggunakan metode konvensional atau ceramah yang berdampak pada peserta didik mudah bosan dan metode tersebut kurang efektif dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Teka-Teki Silang Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas V di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen dengan menggunakan jenis Nonequivalent Control Group Design yaitu terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini dilakukan tes sebelum perlakuan atau disebut pre-test, dan tes sesudah perlakuan atau disebut post-test yakni pada ranah kognitif dilakukan sebanyak satu kali pertemuan untuk mengetahui kestabilan nilai yang diperoleh dan peningkatan nilai peserta didik. Teknik dalam analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-T (Independent Samples Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum dilakukannya perlakuan pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata pre-test 56,94, dan post-test 65,28. Sedangkan setelah dilakukannya perlakuan pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata pre-test 61.71, dan post-test 75.43. 2) Hasil uji normalitas untuk kelas eksperimen pre-test dengan nilai signifikansi 0,172 > 0,05. Untuk kelas eksperimen post-test dengan nilai signifikansi 0,113 > 0,05. Sedangkan untuk kelas kontrol pre-test dengan nilai signifikansi 0.154 > 0,05. Dan untuk kelas kontrol post-test dengan nilai signifikansi 0,200 > 0,05. Hasil uji homogenitas signifikansi 0,890 > 0,05 dan hasil uji T dengan signifikansi (2-tailed) 0,014 < 0,05 yang artinya signifikansi lebih kecil 0,05 dimana H0 ditolak, sehingga media Teka-Teki Silang berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada perserta didik kelas V di MINU Ngingas Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murniati, Dinidinimurniati8@gmail.com06040720072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.id2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenijuhaeni@uinsby.ac.id2030078604
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media teka-teki silang; penguasaan kosakata; Bahasa Indonesia; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dini Murniati
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:12
Last Modified: 07 Jun 2024 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70446

Actions (login required)

View Item View Item