Efektivitas spiritual quotient (SQ) untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam pada kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Pontianak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hukamak, Tahrikul (2024) Efektivitas spiritual quotient (SQ) untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam pada kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Pontianak. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Tahrikul Hukamak_02040822039.pdf

Download (5MB)
[img] Text
M. Tahrikul Hukamak_02040822039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (5MB)

Abstract

SQ adalah inti kesadaran seseorang. Merdeka Belajar merupakan tawaran untuk membangun kembali sistem pendidikan agar dapat mengakomodasi perubahan zaman dan menyambut perkembangan baru di negeri ini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis SQ, untuk menganalisis Motivasi Belajar pendidikn agama islam, dan untuk menganalisis Efektivitas Spiritual Quotient (SQ) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 3 Pontianak. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian ex post facto. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah Mixed Method. Pendekatan mixed methods difokuskan pada pengumpulan, analisis, dan penggabungan data kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian, baik yang bersifat dasar maupun lanjutan. Hasil penelitian ini di antarannya adalah: Implementasi SQ dalam konteks Pendidikan yang diterapkan oleh SMP Negeri 3 Pontianak, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dapat melibatkan berbagai strategi dan kegiatan yang mendukung perkembangan dimensi spiritual siswa. Pengimplemntasian spiritual quotion (SQ) terlaksana dengan baik dengan prosentase 75,3%, hal ini dibuktikan dengan pengembangan – pengembangan dan evaluasi spiritual oleh pihak sekolah SMP Negeri 3 Pontianak pada peserta didik. Pendekatan yang efektif yang dilakukan oleh pihak SMP Negeri 3 Pontianak dalam mengatasi masalah motivasi belajar siswa melibatkan kerjasama antara guru, orang tua, dan siswa sendiri. Berdasarkan hasil koefisiensi motivasi belajar Pendidikan agama islam dapat disimpulkan, bahwa pengimplemntasian motivasi belajar Pendidikan agama islam terlaksana dengan baik dengan prosentase 78,5%, hal ini dibuktikan dengan pengembangan – pengembangan dan evaluasi motivasi belajar Pendidikan agama islam oleh pihak sekolah SMP Negeri 3 Pontianak pada peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan ada ke efektivan yang positif SQ untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam pada kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Pontianak dengan nilai berturut – turut nilai thitung sebesar 3.182 > ttabel 2.030 dan signifikansi sebesar 0.845 sehingga thitung 3.182 > ttabel 2.030 dan 0.845 > 0.05 dan Nilai thitung sebesar 2.945 dan ttabel 2.030 dan signifikansi sebesar 0.751 sehingga thitung 2.945 > ttabel 2.030 dan 0.751 > 0.05 dengan prosentase 62.4% yang tergolong baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hukamak, Tahrikultahrik.nurfarida@gmail.com02040822039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Kurikulum
Motivasi Belajar
Spiritualisme
Keywords: Spiritual quotient; motivasi
Depositing User: Moh Tahrikul Hukamak
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:00
Last Modified: 07 Jun 2024 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70457

Actions (login required)

View Item View Item